Modal Rp 100 ribu Bikin Yamaha F1ZR Sporty Jadi Lebih Responsif

0
58
Modal Rp 100 ribu Bikin Yamaha F1ZR Sporty Jadi Lebih Responsif Foto : Wawa

NaikMotor – Cukup modal Rp 100 ribu bikin Yamaha F1ZR Sporty jadi responsif habis. Caranya dengan mengubah sistem kerja bagian kopling.

Kopling F1ZR tipe Sporty masih menggunakan kopling yang semi otomatis atau sering disebut dengan kopling banci ini dirubah menjadi kopling manual konvesional. Modal Rp 50 ribu tersebut adalah untuk membeli paking bak mesin sebelah kanan Rp 25 ribu dan gir depan F1ZR Rp 25 ribu. Sisanya buat oli mesin Rp 50 ribu.

Mungkin cara ini bukan hal yang baru bagi para mekanik kawakan era motor 2 tak, namun NaikMotor akan kembali mengulas bagaimana caranya. Mengubah kopling banci menjadi kopling konvensional ini juga bisa menghemat biaya, pasalnya motoris tidak perlu lagi membeli kampas otomatis dan mangkuk otomatis jika sudah terkikis.

“Tarikan awal jadi lebih responsif dengan mengubah menjadi kopling konvensional, Selama ini dengan mengganti kampas otomatis dengan gir depan tetap aman hingga bertahun-tahun karena bagian dalam mesin tidak ada yang dirusak dan bisa dikembalikan seperti semula jika merasa kurang nyaman,” papar Achmad Jaki, mekanik Reza Motor yang biasa menangani motor 2 tak.

Begini langkahnya: Lepaskan cover sayap bagian depan bagian luar dan dalam menggunakan obeng plus, kemudian lepaskan 4 baut dengan kunci ring 14 pada bawah mesin untuk melepaskan footstep.

Bongkar bak mesin sebelah kanan dengan obeng plus yang berukuran besar. Jangan lupa sediakan wadah untuk membuang oli yang ada di dalam mesin.

Setelah bak mesin kanan terlepas, lepaskan kampas otomatis yang letaknya paling depan. cara melepasnya dengan mengganjal mangkuk kampas otomatis, kemudian lepaskan 1 mur dan 2 ring yang berada di tengah.

Cukup cabut kampas otomatis saja, ganti dengan gir F1ZR standar, pasang kembali mur dengan tambahan 1 ring saja agar mur tidak mentok dengan bak mesin. Jangan lupa bersihkan bekas paking yang menempel pada crankcase dan juga bak mesin.

Pasang kembali bak mesin kanan yang diawali dengan paking dan kemudian pasang semua cover yang sudah dilepas tadi.

Cukup mudah kan mengubah kopling Yamaha F1ZR Sporty jadi responsif. Tetapu jika ragu untuk mengerjakan sendiri, motoris bisa meminta bantuan bengkel untuk mengerjakannya. (Wawa/Prob/NM)

 

LEAVE A REPLY

*