Kompon Ban Pirelli di Aspal Baru Sentul Lebih Menggigit

0
34
Pirelli di Aspal Baru Sentul
Ban Pirelli lebih menggigit di aspal baru Sentul. Foto: Maleha

NaikMotor – Dalam Pirelli Motoprix Region B Putaran 2 2019 Sentul, dengan aspal baru peran ban cukup penting. Seperti kompon ban Pirelli di aspal baru Sentul yang dianggap lebih bergrip.

Ban harus mendukung kinerja mesin yang telah didongkrak tenaganya untuk balapan. Pilihan ban yang baik akan mendukung itu. Seperti pengakuan Wilman Hammar, Pembalap asal DKI Jakarta andalan dari tim Yamaha Yamalube NHK Pirelli SSS NGK Bahtera Racing Team. “Performa ban Pirelli di aspal baru Sentul membuat catatan waktu lebih baik 1 detik atau lebih saat QTT dan Race, kompon ban balap yang sangat bagus dan terbukti lengket di aspal baru.”

Rider bernomor 5 ini menambahkan, “Penggunaan ban Pirelli di sirkuit permanen sepanjang 1.200 meter dengan aspal yang bagus seperti sekarang ini jika dibandingkan dengan sirkuit dadakan khas Motorprix yang menyulap jalan raya menjadi sirkuit, akan membawa perbedaan perolehan catatan waktu. Riding position tiap rider akan berbeda, memungkinkan mereka bisa lebih rebah, saat cornering.”

Lapisan aspal baru juga berdampak pada suhu lintasan. “Suhu udara yang panas pada siang hari saat berlangsungnya QTT ada kemungkinan mengalami perolehan waktu yang berbeda. Begitu race 1 yang dilepas jelang sore hari saat suhu udara agak adem, catatan waktu dipastikan bisa dipangkas lebih cepat. Hal ini selain tekanan angin ban yang tepat ikut mendukung performa ban, juga seting suspensi yang akurat,” tutup Wilman Hammar.

Tercatat di kini kelas Expert bisa meraih 54.599 detik, padahal dahulu hanya 55 detik seperti catatan Wilman Hammar. Selain itu kini Pirelli memiliki ban ukuran 100/80-17 seperti pada MX King andalan Wilman. (Maleha/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*