Ini Alasan Diterapkannya Shockabsorber Tabung ADV150

0
45
Shockabsorber Tabung ADV150
Honda ADV150 menggunakan shockabsorber sub tank pada bagian belakang agar lebih nyaman saat beradventure. Foto: NMC

NaikMotor – Honda ADV150 dilengkapi peredam kejut yang lebih sesuai untuk jalan tak rata saat adventure. Apa saja kelebihan Shockabsorber tabung ADV150?

Honda ADV150 diluncurkan pada saat perhelatan GIIAS 2019, (18/7/2019) lalu. ADV150 langsung memasuki segmen baru, skuter matik adventure entry level, 150 cc.

Shockabsorber tabung ADV150

ADV150 dihadirkan dengan berbagai fitur yang menegaskan fungsinya sebagai skuter matik. Termasuk Shockabsorber tabung ADV150 ganda di bagian belakang produk Showa.

“Digunakannya shockabsorber tabung atau sub tank yang dilengkapi balon karet berisi udara agar kinerja peredam kejut tetap optimal meski melalui jalan tak rata.,” jelas Mulyanto, tim Technical Service Function (TSF) PT Wahana Makmur Sejati. “Sebab, berbeda dengan shockabsorber emulsi atau tanpa sub tank, oli dan gas menjadi terpisah.”

Mulyanto lebih lanjut menjelaskan saat Bedah Teknologi ADV150 di Jatake, (21/8/2019), “Terpisahnya oli dan gas shockabsorber akan memgurangi terjadinya buih saat bekerja intens. Buih akan membuat sistem tidak bekerja optimal, dan peredaman hanya bergantung pada per. Dengan kata lain, saat motor melalui jalanan tak rata, lama-lama akan mengayun tak ada peredaman.”

Keuntungan lainnya saat menikung, pada shockabsorber emulsi, gas akan menyusup melalui valve, sehingga rebound suspensi terlalu cepat. Tentu menikung selain tidak nyaman, ban akan kehilangan grip. Pada sub tank ADV150 hal itu tidak akan terjadi karena gas terbungkus balon udara.

Selain itu, shockabsorber belakang ADV150 memiliki travel lebih panjang daripada PCX150 yang menjadi platform ADV150. Tentunya akan lebih nyaman saat menjelajah allroad optimal.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*