Ini Rahasia Triumph Rocket III Lebih Ringan 40 Kg Tetapi Mesin Lebih Besar

0
114
Rahasia Triumph Rocket III
Triumph Rocket III 2.500 cc kini dengan bahan lebih ringan. Foto: Triumph

NaikMotor – Triumph cruiser terbaru 2019 diluncurkan awal bulan ini. Meski bermesin lebih besar tetapi ada rahasia Triumph Rocket III yang membuatnya lebih ringan.

Triumph Rocket III 2019 bermesin 2.458 cc 3 silinder. Mesin menghasilkan 164,7 daya kuda, dan torsi 220 Nm. Rocket kini memiliki sasis aluminium baru dan komponen ringan. Sehingga Rocket kini lebih ringan 40 kg daripada pendahulunya.

Bahkan, jauh lebih ringan daripada perintisnya pada 2004, yang memiliki berat 362 kg dengan mesin 2.294 cc. Sehingga menjadi cruiser terberat dengan mesin terbesar saat itu.

Ada beberapa rahasia Triumph Rocket III yang membuatnya lebih ringan dan efisien. Seperti crankcase dibuat lebih ringan, bak oli diperingan dan dikonversi dengan balancer shaft baru. Komponen dalam mesin lainnya diperingan sehingga putaran mesin bisa lebih dari 7.000 rpm. Hasilnya, tenaga keluarannya mencapai 164 daya kuda lebih.

Rahasia Triumph Rocket III

Sementara sasis barunya berbahan aluminium, terdiri 2 bagian yang dibautkan bukan dilas. Di bagian tengahnya ada ruang untuk menaruh kotak filter udara.

Knalpot pun juga dirancang lebih sport, sebab tidak lagi langsung mengarah ke bawah. Sehingga emisi gas diarahkan langsung menuju katalitik konverter. Untuk membuatnya, Triumph menggunakan metoda hydroforming.

Steve Sargent, Chief Product Officer Triumph menyatakan, “Hydroforming tidak banyak diterapkan oleh pabrikan lain. Namun, hasilnya produk lebih sesuai dengan kebutuhan.”

Kabarnya hingga saat ini Triumph Rocket III belum juga diumumkan padahal September 2019 sudah hadir di showroom. Namun menurut sebuah sumber disebutkan sekitar Rp 334 jutaan di Inggris. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*