Sepeda Listrik Fuel Cell Pertama di Dunia Bisa Menempuh 150 KM

0
Sepeda Listrik Fuel Cell Pertama
Alter Bike kini bisa menempuh 150 km dengan tangki hidrigen penuh. Alter Bike sepeda Fuel Cell pertama di dunia. Foto: Pragma

NaikMotor – Alter Bike, sepeda listrik fuel cell pertama di dunia sudah hadir sejak 2013 lalu. Kini, jarak tempuhnya sudah lebih jauh, 150 km.

Alter Bike produksi bersama 3 perusahaan Perancis: Cycleurope yang mendesain sepeda, Pragma yang membuat fuel cell, dan Ventec yang merancang sistem manajemen baterainya. Sepeda listrik fuel cell pertama di dunia itu dibekali baterai lithium-ion untuk menampung listrik dari fuel cell, tangki silinder gas hidrogen, dan motor listrik serta pack fuel cell.

Kini, tangki hidrogen sudah ditingkatkan kapasitasnya, sebelumnya 200 bar kini 300 bar. Sehingga kemampuan jelajahnya meningkat 50% dari 100 km menjadi 150 km. Agar mampu menahan tekanan tinggi tangki kini berbahan karbon komposit.

“Berbeda dengan sepeda listrik atau motor listrik yang butuh charging beberapa jam. Dengan fuel cell, pengisian hidrogen hingga terisi penuh dalam 2 menit saja,” kata Pragma CEO, Pierre Forte. Hanya saja stasiun pengisian hidrogen (H2) masih langka.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here