Ganti ECU Aftermarket Harus Remapping Biar Karakternya Sesuai

0
121
ECU Aftermarket Harus Remapping
Ruben Yobel: ECU Aftermarket harus remapping. Foto: Maleha

NaikMotor – Perangkat manajemen mesin elektronik, Electronic Control Unit (ECU) sudah banyak produk aftermarketnya. Tetapi mengganti ECU aftermarket harus remapping.

Sekalipun produk ECU aftermarket made in Indonesia, seperti BRT atau SARP, belum tentu settingannya pas dengan karakter pengendara. Apalagi jika penyuka kecepatan yang telah melakukan modifikasi pada perangkat lainnya, seperti knalpot, porting polish apalagi bore up di bagian mesin. Maka ECU aftermarket harus remapping.

Salah satu pakar remapping ECU adalah Ruben Yobel menyebut, “Semua ECU aftermarket diciptakan memang sudah lebih advance dibanding ECU standar, pastinya memiliki karakter yang lebih powerful. Tetapi akan percuma jika tidak diremapping.”

Bahkan, meski ubahan ringan dari kondisi motor standar, porting polish dan kemudian dibore up hingga dipakai balap, perlu dilakukan dengan cermat dan teliti agar data yang diinput mulai dari kompresi, durasi noken as, tinggi lift kem dibaca dengan baik di laptop. Untuk kebutuhan balap seting ECU lebih kompleks, mulai dari kalibrasi TPS, setup limiter RPM, ignition timing dan lainnya wajib diatur untuk mendapatkan hasil setingan terbaik,” terangnya.

Tetapi Ruben menjelaskan, Remapping ECU aftermarket sesuai kebutuhan, masih dengan biaya yang terjangkau. Waktunya tidak lama hanya 1-3 jam.” Ruben memaparkan, ”Contohnya, motor yang sudah ganti knalpot racing tanpa porting polish. Agar setingan bisa optimal, caranya dengan menaikan debit bahan bakar 15–20% dari kondisi standarnya, agar mesin tidak kekurangan bensin dan komposisi air fuel ratio (AFR) bisa pas.”

Untuk mensetup ECU, Ruben sanggup melakukan dengan janjian terlebih dahulu, mau yang di Jakarta atau seputaran Tangerang. Alasannya terkendala tempat yang tidak memungkinkan untuk menggeber motor. Tapi saat ini Ruben sering standby di bengkel Siam Motor, di depan halte Trans Jakarta Duri Kepa, Kedoya, Jakarta Barat.

“Jasa remapping ECU hanya Rp 300 ribu untuk motor 1 silinder. Kondisi masih standar belum korekan, jika sudah upgrade jadinya Rp 350 ribu. Untuk motor 2 silinder juga dijabanin jika ada yang perlu dimapping ulang,“ tutup Ruben. (Maleha/Prob/NM)

RUBEN YOBEL- Siam Motor
Depan Halte Busway Duri Kepa, Kedoya Jakarta Barat

Cluster Nusa Indah Loka Blok HE, 03 No. 03, Graha Raya, TangerangTelepon. 0821-2231-2395

LEAVE A REPLY

*