Unik, Lima Rider Indonesia Ikut AXCR 2019 Thailand Latihan Navigasi Pakai Lunchbox

0
Lima Rider Indonesia Ikut AXCR 2919 Thailand – Myanmar
Tim Indonesia berlatih navigasi menggunakan luncbox di Bali dipandu Kadex Ramayadi dari Exploride. Foto: Exploride Indonesia

NaikMotor – Ajang Asia Cross Country Rally atau AXCR kembali menarik minat para penggila adventure endure di Indonesia. Kali ini lima rider Indonesia ikut AXCR 2019 Thailand – Myanmar 10-16 Agustus 2019 sejauh 2.400 Km.

AXCR 2019 akan mengambil start dari Pattaya Thailand dan finis di Naypidaw Myanmar. Sebanyak 34 motor dan 65 mobil serta 2 sidecar akan berlaga di reli bergengsi di kawasan Asia ini yang akan dikuti para pereli dari Jepang, Thailand, Myanmar, Taiwan.

Lima Rider Indonesia Ikut AXCR 2919 Thailand – Myanmar
Tim Indonesia berlatih navigasi di Bali dipandu Kadex Ramayadi dari Exploride. Foto: Exploride Indonesia

Tahun ini ada lima rider Indonesia ikut AXCR 2019 Thailand – Myanmar yakni Rudy Poa, Al Fathir Muchtar, Edy Sudarmadi (Indonesia Cross Country Rally Team) disokong Bank Mandiri dan JNE lalu ada Heri Cahyono (Malang Jejeg Pertamina Enduro) dan Mufti Muis Karim (Pertamina Enduro Rally Team). Kelimanya menggunakan motor KTM dari 450-500 dan 690. Sementara di kategori mobil ada nama Wijaya Kusuma dan Lody Natasha serta Memen Harianto dan Rimhalsyah. Pengiriman unit motornya dilakukan dengan bantuan dari JNE yang telah menjadi partner tim reli Indonesia di AXCR.

Mengikuti ajang reli berhari-hari dengan berbagai kondisi, kelimanya telah mengikuti berbagai latihan di bermacam medan hingga single track termasuk soal setting motor. Namun, yang menjadi focus kelimanya yakni soal navigasi. Training navigasi menggunakan tulip dilakukan di Bali pada akhir pekan kemarin (27-28/7/2019) dibimbing oleh offroader senior Kadex Ramayadi yang berpengalaman di AXCR.

“Latihan navigasi tulip route book disinkronkan dengan trip meter F2R berbasis aplikasi Android, kreasi Kadex Ramayadi dari Exploride Indonesia yang punya pengalaman ikut AXCR. Uniknya, routebook holdernya terbuat dari lunchbox yang justru lebih bagus dari asli untuk rally, karena ini lebih tahan air, “ sebut Fathir Muchtar, aktor yang dikenal doyan extreme sport.

Mereka berlatih selama dua hari menggunakan navigasi dari Ubud-Tulamben dan dari Tulamben ke Kintamani. “Biar kita beda tim tapi tetap satu bendera membawa nama bangsa di bulan kemerdekaan ini, mohon doanya agar kami bisa mengibarkan bendera Merah Putih di AXCR 2019”, sambung Fathir yang bertekad ikut Reli Dakar 2020 di Arab Saudi.

Sementara Edy Sudarmadi absen karena harus mengikuti acara BMW Motorrad GS Trophy 2020 Qualifier Indonesia di Sentul sebagai salah satu persiapan tokoh otomotif asal Kalsel ini. Gasspolll (Arif/nm)

LEAVE A REPLY