Ganti Fluida Rem Setiap 10 Ribu KM Kata Prestone

0
54
Fluida Rem Setiap 10 Ribu
Prestone edukasi tentang fluida rem, dan pergantiannya. Foto: Maleha

NaikMotor – Minyak rem atau fluida rem memiliki usia pakai tertentu. Taqwa owner Garden Speed menyatakan fluida rem setiap 10 ribu kilometer harus diganti.

Hal itu terungkap dalam sesi edukasi yang digelar PT Autochem Industry di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Dalam sesi edukasi tentang perawatan dan penggunaan fluida rem yang menampilkan mekanik tim Prestone, yang juga pemilik Garden Speed, Taqwa mengungkapkan, “Kebanyakan pengguna kendaraan baik mobil atau motor terkadang tidak mengerti apa itu cairan rem. Mereka kerap menyebutnya dengan minyak rem. Padahal yang disebut caitan rem bukanlah minyak karena sifatnya higroskopis atau menyerap air, apalagi iklim tropis di Indonesia,”

Ada fakta mengejutkan yang disebutkan Taqwa yang bernama lengkap Taqwa Suryo Swasono, “Dengan kandungan air sebanyak 3%, titik didih cairan rem akan turun hingga lebih dari 100 derajat Celcius. Jika titik didih cairan rem tersebut terlewati, maka kinerja rem rentan mengalami blong.”

Didampingi oleh Robby Hartono, Direktur PT. Autochem Industri, Taqwa menekankan, *Ganti fluida rem setiap 10 ribu kilometer pada aepeda motor. Agar kinerja sistem rem lebih optimal. Penggunaan cairan rem Prestone yang semakin tahan panas dengan DOT 4 dirasa lebih dari cukup untuk pemakaian rutin bahkan balap sekalipun.”(Maleha/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*