Pembalap Jepang Pertama dan Satu-satunya Juara Isle of Man TT Wafat

0
51
Satu-satunya Juara Isle of Man TT
Mitsuo Ito, Pembalap Jepang pertama dan satu-satunya Juara Isle of Man TT, meninggal dunia (3/7/2019). Foto: MCN

NaikMotor – Mitsuo Ito, Pembalap Jepang pertama dan satu-satunya juara Isle of Man TT, meninggal dunia 3 Juli 2019 lalu. Ito adalah juga pelatih Kevin Schwantz.

Berita duka itu disebutkan dalam laman media sosial tim Suzuki Ecstar MotoGP. Ito telah membaktikan karir balapnya bersama Suzuki. Ito meninggal dunia dalam usia 82 tahun.

Ito menjadi Pembalap Jepang pertama dan satu-satunya juara Isle of Man TT, ketika memenangkan kelas 50 cc pada 1963. Selain itu, Ito membukukan satu kemenangan lainnya, posisi ke-2 2 kali, dan ke-3 6 kali. Di samping juara kelas 50 cc, Ito juga mencatatan 3 kali podium di kelas 125 cc.

Atas perolehannya itu, Motorcycle Federation of Japan untuk pertama kalinya mengabadikannya dalam Motorcycle Sport Hall of Fame. Penganugerahannya dilakukan dalam acara khusus, 15 Desember 2018.

Ito mengawali karir pad 1959 dan pensiun 10 tahun kemudian. Meski berhenti dari dunia balap langsung, Ito berkecimpung dalam pengembangan, termasuk pembinaan pembalap baru. Salah satu Pembalap binaannya adalah Kevin Schwantz, yang kemudian menjadi Juara GP500 1993. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*