Seluk Beluk Honda Tena di Indonesia, Motor Kampiun Road Race Era 2 Tak

0
Seluk Beluk Honda Tena di Indonesia
Honda Tena pacuan Ahmad Jayadi pernah merajai ajang balap road race era 2000-an. Foto: Dok. Pribadi

NaikMotor – Honda Tena pernah berjaya di Indonesia era awal tahun 2000-an lewat ajang road race di tengah perseteruan  mesin-mesin motor balap 2 Tak. Ahmad Jayadi dan Rafid Poppy Sugiarto adalah duet joki yang turut mengantarkan Tena menjadi jawara di panggung balap nasional hasil korekan mendiang Benny Djati Utomo. Bagaimana seluk beluk Honda Tena di Indonesia?

Populasi Honda di Indonesia memang tidak terlalu banyak karena tidak dijual resmi melalui APM Astra Honda Motor namun dimasukkan utuh dari Thailand oleh importer umum atau pedagang. Seluk beluk Honda Tena di Indonesia ditandaai dengan gemerlap dunia balap pada masa itu yang didominasi antara lain Suzuki RG Sports, Cagiva Stella dan Yamaha F1ZR. Hal ini membuat salah satu tuner  kondang almarhum Benny Djati ikut penasaran dengan performa motor yang diriis di Thailand pada tahun 1980-an.

“Di Indonesia Honda Tena ini paling hanya beberapa orang saja yang memilikinya, soalnya motor Tena ini bukan untuk pasar Indonesia,” ujar Sam Fardi Wayong pemilik Honda Tena yang ditemui langsung di Bekasi.

Honda Nova Tena juga sebenarnya hadir dalam beberapa varian, yaitu Nova Tena S memakai kopling otomatis, Nova Tena R yang juga memakai kopling otomatis, dan yang paling canggih tingkatannya, Nova Tena RS tersedia dalam versi kopling manual dan close ratio. Seri Nova Tena RS pun dibagi menjadi dua berdasarkan kapasitas mesinnya, yaitu Tena RS 105cc dan Tena RS 110cc.

Sementara, Tena RS 110 terbagi menjadi dua varian, Tena RS 110cc  dan Tena RS 110cc Super. Dari sekian varian Honda Nova Tena, Tena RS 110 mungkin merupakan varian yang paling populer dengan rem cakram di kedua rodanya. Sementara  Nova Tena R dan S yang masih memakai rem tromol untuk penghenti laju ban belakang.

Kalau untuk sejarah road race era tahun 2000-an, Honda Nova Tena 110RS Ahmad Jayadi Honda Tena tipe RS yang non radiator serta dilengkapi dengan transmisi 5 percepatan. Bisa dibilang motor ini merupakan lawan tangguh bagi motor 2-tak pada masa itu. Seperti Suzuki RG-Sport, Cagiva Stella 110, dan Yamaha Force-1 hingga Yamaha F1ZR.

Sejatinya ada dua buah motor Honda Tena yang pernah dibesut Ahmad Jayadi.Pertama adalah Honda Tena kepunyaan dari tim SKF Fuchs Star Motor milik mendiang Benny Djatiutomo, Motor ini dikilik langsung beliau dengan ilmu korek dari HRC Thailand.

Di tahun , motor ini sudah mampu merajai road race melalui pembalapnya Rafid Poppy Sugiarto. Motor yang sama juga dipakai Jayadi sapaan akrab Ahmad Jayadi dan mampu menjadi Juara Nasional pada tahun 2002.

Yang kedua adalah Honda Tena kepunyaan tim SKF Enduro Racing Ahmad Jayadi Motor. Dengan motor ini pula, Ahmad Jayadi mampu menjadi juara umum pada event-event road race lainnya pada tahun yang sama (2002), seperti kejurda, dan club event. (Teguh/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here