Perawatan Ringan Pada Skuter Matik Setelah Mudik Lebaran

0
48
perawatan ringan pada skuter matik
Mengecek dan lakukan perawatan ringan pada skuter matik setelah mudik Lebaran. Foto : Arib Tsany

NaikMotor – Meski sebelum mudik skuter matik sudah diservice. Tapi jangan lupa melakukan perawatan ringan pada skuter matik anda agar kembali prima.

Perjalanan mudik Lebaran menggunakan motor tentunya menimbulkan penurunan performa tunggangan anda. Akibat menempuh perjalanan jauh ke kampung halaman hingga kembali ke rumah.

perawatan ringan pada skuter matikAgar kondisi motor anda kembali bertenaga, berikut tips perawatan ringan pada skuter matik dari Teguh Catur yang menjabat kepala mekanik Honda Authorized Service Station (AHASS) Cipete-Fatmawati, Jaksel.

Pertama mulailah mengecek Oli. “Pelumas mesin dilihat kembali walapun sebelumnya sudah diganti, karena bisa saja menguap, berkurang hingga menghitam akibat dipacu terus menerus selama mudik,” sebut Teguh.

perawatan ringan pada skuter matikKedua Continous Variable Transmission atau CVT. “Pemeriksaan CVT sangat dianjurkan. Bagian yang dicek mulai dari roller, v-belt, serta kampas ganda kopling otomatis. Untuk dibagian ini cukup dibersihkan saja. Namun jika sudah tipis, segera diganti,” kata Teguh.

Ketiga untuk bagian vital yaitu ban dan rem. ”Kita harus mengganti ban jika alurnya sudah menipis, karena ban yang sudah aus bisa membuat slip,” lanjut Teguh.

“Kemudian yang terakhir kaki-kaki motor dicek apakah baut-baut roda dan shock kendor atau tidak,” pungkas Teguh.
(Tsany/Prob/NM).


LEAVE A REPLY

*