Sistem ini Membuat Motor Mengetahui Kondisi Sekelilingnya 360°

0
12
Sistem Agar Motor Mengetahui Kondisi Sekelilingnya
Sistem Damon agar motor mengetahui kondisi sekelilingnya. Foto: damon

NaikMotor – Start up dari Kanada ini baru saja menerima dana pinjaman sekitar Rp 37 Miliar. Dana diperuntukkan Damon Motorcycles membuat sistem agar motor mengetahui kondisi sekelilingnya.

Inovasi itu didasari fakta di Kanada tiap tahunnya terjadi 4.000 tabrakan. Damon berencana dengan sistem agar motor mengetahui kondisi sekelilingnya 360° untuk mewujudkan wacana pada 2030 zero accident.

Sistem Damon bekerja sesuai arah dan kecepatan motor. Saat itu sistem akan mendeteksi 64 objek di sekelilinnya, yang bisa berupa mobil, pohon, orang, gedung dan sebagainya. Jika objek diperkirakan akan membahayakan maka sistem akan memperingatkan pengendara. Bisa berupa getaran di grip atau kedipan lampu di windscreen.

Jay Giraud, founder Damon yang juga pemotot menyebutkan sistem mitigasinya akan mengandalkan kamera, radar dan sensor. Sehingga sistem bisa memantau 360° sekelilingnya.

Tetapi tidak sampai di situ, data yang dikumpulkan secara real time itu akan disimpan di cloud milik Damon. Data bisa dishare kepada kendaraan lain di area itu. Tujuannya tentu agar para pengendara lebih waspada akan kondisi di sekitarnya lebih jauh daripada inderanya. Sehingga pengendaraan akan lebih aman.

Klien pertama Damon adalah Kepolisian New York. Instansi itu meminta Damon memasang sistem komunikasi antar kendaraan itu pada kendaraan operasionl mereka. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*