Podium Rea di Race 1 Jerez Dianulir Karena Bikin Jatuh Lowes di Last Corner

0
486

NaikMotor – Setelah dilakukan investigasi, akhirnya diputuskan podium Rea di race 1 Jerez  dianulir. Tidak itu saja, ia dihukum start dari grid belakang di race Superpole Minggu (9/6/2019) World Superbike Jerez Spanyol.

Jonathan Rea terlibat duel dengan pembalap Yamaha Alex Lowes di last lap sekaligus tikungan terakhir untuk berebut posisi ketiga. Rea terlihat menyodok dari dalam membuat Lowes terjungkal dan gagal melengkapi podium van der Mark di posisi kedua setelah Bautista juara.

Akibat ulahnya tersebut, podium Rea di race 1 Jerez dianulir oleh race direction dan juga hukuman penalti untuk start dari belakang pada balapan Superpole Minggu.Padahal,Rea meraih pole position sekaligus mencetak rekor lap di sesi kualifikasi.

“Saya sangat, sangat, sangat menyesal atas apa yang terjadi karena itu sama sekali tidak disengaja. Itu adalah tikungan terakhir di Jerez dan saya mengambil jalan pintas, saya tidak pernah bermaksud melakukan kontak apa pun.Aku tidak bisa memikirkan hal lain sekarang dan yang bisa kukatakan adalah aku minta maaf lagi,” sebut Rea.

Rea mengatakan bahwa kejadian itu adalah racing incident yang biasa terjadi dalam pertarungan di tikungan terakhir.” Alex sedikit melebar dan saya mencoba masuk ke dalam,tapi di saat bersamaan,ia kembali ke jalur dan saya tidak bisa menghindari hal tersebut,”aku Rea.

Atas keputusan ini, Marco Melandri akhirnya  naik di tempat ketiga dan mendapatkan posisi start tempat kedua untuk Balap Superpole.Sementara Alex Lowes yang menderita cedera bahu akibat insiden ini diperkirakan akan tetap tampil dan mengisi start barisan depan

Alvaro Bautista memenangkan balapan ke-12 musim ini di kandang dengan keunggulan 7 detik atas van der Mark.

Tikungan terakhir Jerez memang menjadi langganan titik penghabisan para pembalap dalam duel. Tercatat Rossi versus Gibernau tahun 2004 serta Marquez dengan Lorenzo di GP 2013. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*