MotoGuzzi Karya Venier Customs, Ketika Cruiser Menjadi Racer

0
Moto-guzzi-venier-customs_2
MotoGuzzi California 1400 Touring 2013 diubah Stefano Venier pemilik Venier Customs di Brooklyn menjadi gara racer. Foto: bikeexif

Brooklyn (naikmotor) – MotoGuzzi California 1400 Touring 2013 memang bukan motor balap, terlebih dengan berat hampir 320kg. Tetapi bagi Stefano Venier pemilik Venier Customs di Brooklyn, mengubahnya menjadi racer adalah bukan lagi impian.

“Diawali sebuah kejadian penting, Aku didekati Andy Chase, pemusik dan produser dari NewYork yang terpesona oleh Diabola V35C, caferacer yang kami bangun 3 tahun lalu. Sedangkan kami tengah terkesan oleh mesin 1380cc Moto Guzzi yang baru pada California 1400 Touring. Dan paduan keduanyalah yang harus terwujud,” sebut Stefano.

Langkah kerja pun dimulai dengan rangka, dan selama dua bulan ke depan banyak menghabiskan waktu dengan prototipe bodi dari foam. Kemudian mewujudkannya di pabrik metal.

Jadi kini hampir semua bagian rancangan buatan tangan, mulai dari tangki berbentuk kurva, fender, side cover hingga jok. Termasuk juga fairing kecil yang yang bisa dilepas agar lebih berkesan racier.

Sementara, bucket lampu utama baru, tetapi batok dan bohlam tetap bawaan pabriknya termasuk spidometer juga.

Pada bagian belakang, lampu ekor LED yang ramping terintegrasi di jok. Sedangkan lampu sein tertanam pada rel rangka. Bar end ke arah depan produk Motogadget, foot control dan batang kemudi clip-on produk Tarozzi termasuk sepasang grip billet aluminium.

Beralih ke knalpot yang dipesan khusus dari Mass Moto. Agar tampil elegan, maka motor dihadirkan dalam hitam gloss dengan strip tunggal abu-abu gelap pada tangki. Bahkan hingga cover bawah penguat mesin tak luput dari black-out.

Tetapi mesin, komponen gerak, kelistrikan, suspensi, rem bahn kan masih standar. “Semua komponen masih ciamik, toh, motornya masih baru ketika kita garap,” cetus Stefano seperti ditulis bikeexif.

Stefano pun berencana akan membuat beberapa caferacer tourer berbasis Moto Guzzi California 1400 itu, sebagai edisi terbatas.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here