Spek ini yang Membuat Kawasaki KLX230 Tangguh di Trek Offroad

0
196
Spesifikasi Kawasaki KLX230 Yang Membuatnya Mumpuni
Kawasaki KLX230 dilengkapi spesifikasi agar tangguh di trek offroad. Foto: istimewa

NaikMotor – Kawasaki Motor Indonesia meluncurkan KLX230 secara world premiere di Jakarta Fair Kemayoran 2019. Apa saja spesifikasi Kawasaki KLX230 yang membuatnya mumpuni di trek offroad?

Sosok Kawasaki KLX230 merujuk sebagai dual purpose, mampu melibas jalur offroad dan masih boleh melintas di jalan umum sebab dilengkapi dengan lampu-lampu sesuai regulasi kendaraan jalan umum. Tetapi ada beberapa spesifikasi Kawasaki KLX230 yang membuatnya mumpuni di trek offroad.

Mesin KLX230 bersilinder tunggal SOHC 2 katup 233cc berpendinginan udara. Mesin diklaim menghasilkan 19 daya kuda dan torsi 18 Nm. Daya penggerak maksimalnya itu dikail pada putaran menengah. Cukup bertenaga, sebab mesin hanya dibebani 7kg untuk setiap daya kudanya jika berkaca pada power to weight ratio-nya.

Selain itu silinder mesin berkonstruksi bore 67 mm dan stroke 66 mm yang hampir aquare menunjukkan kompromi antara tenaga dan momen puntir. Sehingga KLX230 akan mudah berakselerasi atau menaklukkan obstacle di trek offroad. Tetapi juga cukup galak di jalur urban.

Sementara itu KLX230 juga akan lincah dengan sudut kemudi lock to lock 90 derajat. Di jalur offroad kelincahan didukung ukuran ban depan 21″ dan ban 18″. Juga tidak khawatir kehilangan momentum dengan suspensi bertravel panjang, depan 220 mm dan belakang 223 mm, dan menyerap getaran ketika melibas jalur tak rata. Sementara jarak celah tanahnya cukup tinggi 265mm.

KLX230 ditunjang konstruksi rangka model perimeter. Desain rangka yang seolah membungkus dan meredam getaran mesin, sekaligus melindungi penggeraknya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*