BMW Membuat Pesawat Lagi? Ultralight Bermesin S1000RR

0
BMW Membuat Pesawat Lagi
Pesawat UL 39 Albi bermesin BMW S1000RR. Foto: Skyleader

NaikMotor – BMW pada pada awal abad 20 adalah pabrik pesawat. Tetapi, kini BMW membuat pesawat lagi?

Bayerische Motoren Werke (BMW) memproduksi pesawat hingga masa resesi 1930-an. Namun kemudian beralih menjadi pabrikan mobil setelah dibeli oleh Austin.

Tetapi selama Perang Dunia II, BMW berfokus pada produksi mesin pesawat dan sepeda motor. Produksi mobil BMW dihentikan sementara dalam masa perang itu.

Tetapi setelahnya, BMW hanya memproduksi mobil dan sepeda motor. Namun, ternyata belum lama ini muncul sebuah prototipe pesawat bermesin BMW Motorrad. Apakah BMW membuat pesawat lagi?

Ternyata pesawat prototipe UL-39 ALBI itu dibangun oleh Mahasiswa Unverrsitas Praha, Fakultas Rekayasa Mekanikal, Jurusan Rekayasa Dirgantara. Mereka bekerja sama dengan LA composite, s.r.o., dan Zall JIHLAVAN airplanes, s.r.o membangun pesawat ringan baling-baling.

Desainnya terinspirasi pesawat jet L-39 Albatross lawas yang digunakan Angkatan Udara Cheko pada 1970-an. Tetapi pesawat ringan itu berpenggerak duct propeller dengan pemutar mesin BMW Motorrad S1000RR generasi sebelumnya.

Pesawat dengan badan berbahan karbon itu beratnya 350 kg mampu terbang dengan kecepatan 280 km/jam. Kini pesawat tergabung di Skyleader, perusahaan spesialis mendesain, produksi dan merawat ultralight. Jadi paling tidak pesawat ini membuktikan BMW bisa terbang lagi. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY