Memilih Helm Supaya Perjalanan Mudik Makin Nyaman dan Aman

0
81
Memilih Helm
Memilih helm untuk kenyamanan dalam perjalanan mudik menjadi hal yang perlu diperhatikan. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor — Memilih helm untuk dipakai dalam perjalanan mudik sering kurang mendapat perhatian khusus para pemudik. Padahal kenyamanan memakai helm saat mudik menjadi salah satu faktor dalam mengantisipasi sebuah kecelakaan.

Belajar Helm, komunitas para pecinta helm yang fokus pada kampanye pentingnya menggunakan helm memberikan tips cara memilih helm kepada para pemudik yang akan melakukan perjalanan ke kampung halamannya.

“Musim mudik tinggal menghitung hari, bagi para pemudik saatnya mulai mempersiapkan sepeda motor dan kelengkapan safety gear, salah satunya memilih helm yang bisa memberikan kenyamanan dalam perjalanan mudik,” ujar Ahmad M, pegiat Belajar Helm.

Menurutnya, banyak tipe dan model helm saat ini yang dijual di pasaran, namun perlu disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian helm tersebut. Berikut tips dari Belajar Helm;

Memilih helm
Apapun pilihan helm yang digunakan untuk perjalanan mudik pastikan helmnya bersih dan layak. Foto: Yusuf Arief

Pilih helm full face atau half face. Sebaiknya penggunaan helm full face jangan yang race fit, karena perjalanan mudik memerlukan pemakaian helm dalam rentang waktu yang lama.

Hal ini dilakukan untuk menghidari ketidaknyamanan tipikal helm race fit, yang sangat press atau menekan di bagian kepala. Karena race fit biasanya hanya digunakan untuk balap yang  berdurasi 1-2 jam, sedangkan untuk mudik durasi pemakaiannya lebih dari 2 jam. Jika ini tetap digunakan akan mengganggu kenyamaman dan konsenterasi perjalanan mudik anda.

Sabaiknya menggunakan tipe full face  seperti use daily, modular atau semi touring. Untuk pemilihan half face pun tidak jauh berbeda sama full face, yang penting nyaman digunakan untuk perjalanan jauh.

Apapun pilihan helm yang digunakan untuk perjalanan mudik pastikan helmnya bersih dan layak. Kriteria layak seperti, Visor tidak banyak scratch atau baret yang dapat menganggu pandangan (visibilitas), Padding busa tidak copot, strap helm tidak kendor atau sudah rapuh di bagian shellnya.

Yang terpenting juga adalah, anda harus memastikan pengikat tali dalam keadaan baik agar tidak mudah terlepas dari kepala. Selamat melakukan perjalanan mudik, semoga sampai di kampung halaman dan bertemu keluarga tercinta. Patuhi peraturan dan rambu lalulintas serta lengkapi surat kendaraan anda. (YA/ NM)

LEAVE A REPLY

*