Apa Saja Perbedaan Motocross, Enduro dan Dual Purpose? Nih Penjelasannya

0
88
Apa Saja Perbedaan Motocross, Enduro dan Dual Purpose?
Wahana Makmur Sejati (WMS) mengajak komunitas dan konsumen Honda CRF150L main offroad. Foto: Wahana

NaikMotor – Masih banyak yang mengira dirtbike antara motocross (MX), enduro, dan dual purpose itu sama. Padahal ketiganya memiliki banyak perbedaan dari tampilan hingga fungsi. Apa saja perbedaan motocross, enduro dan dual purpose itu?

Memang tidak mengherankan karena sosok ketiga jenis motor ini pada dasarnya mirip. Ketiganya identik dengan bodi jangkung, kaki-kaki yang kekar, ban pacul dan fender depan memiliki ciri khas lebih tinggi.

Namun, ketiga jenis motor tersebut memiliki perbedaan signifikan, baik dari segi spesifikasi maupun fungsinya. Apa saja perbedaan motocross, enduro dan dual purpose itu? Berikut penjelasan dari Muhamad Subahan atau lebih dikenal dengan nama Katon, pentolan komunitas Track Jakarta dan juga pemilik bengkel spesialis dirtbike.

Motocross Yamaha YZ250 F untuk balapan sirkuit.

Motocross (MX): Motocross adalah balapan motor offroad yang berlangsung di sebuah sirkuit yang sudah dipersiapkan. ” Karena ini adalah sebuah balapan, maka spesifikasi motor yang digunakan juga tidak main-main. Biasanya motocros ini menggunakan mesin berkapasitas 125-450 cc, sasis rigid, ban pacul yang kembangannya kasar. Lalu shock keluaran merk ternama yang memiliki kualitas sangat baik,” jelas Katon.

Motor Husqvarna FE 250 dilengkapi lampu utama untuk kebutuhan enduro di malam hari.

Enduro: Enduro merupakan balapan uji ketahanan, baik untuk rider maupun motor itu sendiri dengan melewati berbagai rintangan. Misalnya di dalam hutan, rider harus melewati tantangan berupa ranting pohon yang rendah, batang pohon tumbang, jalanan berbatu, melewati sungai, naik turun bukit, jalanan berupa kerikil, pasir, bahkan lumpur dengan durasi perjalanan lumayan jauh.

Motor untuk enduro dituntut memiliki performa yang mumpuni, meskipun tak seistimewa motor untuk motocross. Ciri khas motor jenis ini dilengkapi lampu depan untuk kebutuhan penerangan di malam hari. Ban yang digunakan untuk enduro juga mirip dengan ban motocross, berupa ban pacul dengan kotak-kotak besar. Biasanya motor enduro memiliki tangki bahan bakar lebih besar mengingat kebutuhan endurance dengan jarak yang jauh.

Motor Honda CRF 150L.

Dual Purpose : Motor dual sport atau yang biasa disebut dengan motor trail. Ini motor yang legal digunakan di jalan raya.Motor dual sport memiliki kelengkapan seperti lampu utama, lampu belakang, lampu sein, klakson, spion, speedometer, tempat pemasangan plat nomor kendaraan, knalpot yang lulus uji emisi, dan bisa diregistrasikan sehingga memiliki surat-surat yang lengkap.

Dari sisi spesifikasi, motor dual sport memang tidak semantap motocross dan enduro. Ban yang digunakan adalah tipe dual purpose, dimana ban ini masih nyaman digunakan di jalan raya tapi juga baik saat digunakan di jalan offroad. (Tsany/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*