Begini Kirim Motor ke Luar Negeri Buat Touring Pakai Carnet

0
27
Kirim Motor ke Luar Negeri
Cara kirim motor ke Luar Negeri diungkap Joel Mastana saat road to Asean Biker Gathering. Foto: Maleha

NaikMotor – Touring pakai sepeda motor sendiri di luar negeri lebih menyenangkan sebab lebih mengenal karakternya. Bagaimana cara kirim motor ke luar negeri buat touring tersebut?

Carnet system semacam paspornya sepeda motor, atau definisi resminya adalah dokumen pabean yang berlaku internasional dan dipergunakan untuk pemasukan barang sementara dan bersifat single document.

Misalnya, akan mengirim sebuah motor yang nantinya dipakai untuk touring di luar negeri, misalnya ke negara-negara Asean. Tentunya perlu sebuah dokumen yang sah. Hal ini diperlukan untuk mempermudah seorang pemotor melintasi negara yang dituju.

Untuk mengurusnya perlu mengajukan kepada lembaga penerbit dan penjamin carnet dalam level nasional di masing-masing negara. Di Indonesia salah satu lembaganya adalah Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Syarat pengajuan carnet merujuk pada data STNK dan BPKB kendaraan yang sudah tercatat secara sah oleh pihak kepolisian. Di sini nantinya carnet yang bisa diperpanjang tiap tahun dengan beberapa pilihan biaya yang bisa dipilih, “Carnet 5 lembar bisa melakukan perjalanan ke 2 hingga 3 tujuan Negara yang dikehendaki. 10 lembar bisa 5x bolak balik ke Negara tersebut,“ papar Joel Mastana, instruktur safety riding, menjelaskan cara kirim motor ke luar negeri buat touring, saat ditemui dalam press conference road to ASEAN Bikers Gathering 2019, (11/5/2019). (Maleha/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*