4 Langkah Memeriksa Shockabsorber Apakah Masih Mampu Meredam

0
Shockbreaker Sangat Penting
Shockbreaker Sangat Penting Dalam Kestabilan Sepeda Motor. Foto : Aditya Pratama Niagara

NaikMotor – Shockabsorber atau biasa disebut shockbreaker sangat penting diperhatikan karena langsung berkaitan dengan kestabilan sepeda motor. Terutama saat di permukaan jalan bergelombang dan menikung pasti sangat dibutuhkan komponen peredam yang berkualitas.

Biasanya, produk shockbreaker OEM akan habis masa pakainya di usia 3-5 tahun. Tetapi tergantung dari perawatan dan penggunaan sepeda motor itu sendiri, terkadang shockbreaker bisa bertahan hingga 7 tahun.

Selain itu, untuk mengecek apakah shocbreaker tunggangan kalian masih dalam kondisi layak pakai atau tidak, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, diantaranya :

1. Pertama, tekan setang motor ke bawah, dan perhatikan shockbreaker-nya, jika pegas shockbreaker kembali dengan sangat cepat, itu artinya shockbreaker sudah mati atau rusak.

2. Shockbreaker yang baik harus kembali secara pelan-pelan. Hal ini menunjukkan jika kompresi dalam shockbreaker masih sangat baik, belum terjadi kebocoran.

3. Secara fisik, Anda bisa memperhatikan seal shockbreaker depan. Jika terlihat ada rembesan oli, maka seal shockbreaker harus segera diganti.

4. Bawa sepeda motor Anda melalui jalanan berlubang atau jalan bergeombang. Jika terdapat pantulan, artinya shockbreaker harus segera diganti. Makin banyak pantulannya, makin besar kerusakan dari shockbreaker.

Berkendara dengan shockbreaker yang sudah mati bisa sangat berbahaya. Selain menurunkan performa kendaraan, kesehatan kalia pun akan terganggu karena pinggang akan terasa sakit dan badan akan cepat merasa pegal saat berkendara.

Jangan lupa, ganti shockbreaker dengan produk OEM, bukan produk aftermarket yang kualitasnya di bawah produk OEM. Minimalnya, ganti produk shockbreaker kalian dengan produk yang sudah memiliki label SNI agar usia pakainya maksimal dan nyaman saat diajak berkendara.

Jika bingung memilih produk shockbreaker mana yang akan digunakan, datang saja langsung ke bengkel resmi Suzuki, di sana teknisi berpengalaman dari Suzuki akan memberikan masukan terkait produk shockbreaker terbaik untuk sepeda motor Anda. (Tsany/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here