Fitur Ini Membuat Honda X-ADV Tidak Mudah Selip

0
208
Honda X-ADV Tidak Mudah Selip
Honda X-ADV resmi meluncur di Telkomsel IIMS 2019. Foto: GIlang

NaikMotor – Honda telah meluncurkan skuter matik adventure tangguh di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Sebab, ada fitur yang membuat Honda X-ADV tidak mudah selip.

X-ADV bermesin 2 silinder 750cc dan Dual Clutch Transmission (DCT) 6 percepatan sebagai mekanikal penggeraknya. Tetapi skuter adventure masih dilengkapi dengan berbagai fitur berteknologi terkini, seperti Honda Selectable Torque Control atau HSTC seperti pada Forza250.

Honda X-ADV Tidak Mudah Selip

Namun berbeda, pada X-ADV HSTC-nya menurut Endro Sutarno, Technical Training Dept PT Astra Honda Motor (AHM), “Ada 2 level, selain bisa dinonaktifkan. HSTC X-ADV defaultnya level 2, untuk pengendara yang belum terampil soal power mesin. Pada level itu injeksi bahan bakar dikurangi lebih banyak.”

Seperti DCT, HSTC bekerja mengandalkan sensor ABS yang terletak di roda depan dan belakang. Sistem ABS akan membaca putaran kedua roda, ketika terjadi gejala slip ditandai dengan perbedaan kecepatan putaran antara kedua roda dan menginput. Maka PCM/ECU kemudian akan memerintahkan sistem injeksi mengurangi volume semprotan bahan bakar. Sehingga terjadi pengaturan torsi pada roda belakang dan tetap bisa bertraksi.

Hasilnya, Honda X-ADV tidak mudah selip pada berbagai permukaan jalan yang licin. Seperti di jalan basah atau berpasir. (Afid/nm)


LEAVE A REPLY

*