Motor Custom Yamaha XS650 Soyouz Cycle, Nakal di Usia 40

0
150

yamaha-xs650-soyouz-1
Soyouz Cycle berkolaborasi dengan François dari Self Moto Service, Toulouse Perancis merancang Yamaha XS650 1976 bergaya brat-style. Foto: Bike Exif

Toulouse (naikmotor) – Yamaha XS650 pada masanya 1968-1979 termasuk roadster kelas menengah yang berfitur terdepan. Ketika kompetitornya masih berkutat dengan pushrod, XS650 sudah SOHC, karburator Mikuni yang digunakannya pun jenis constant velicity (CV). Belum termasuk mekanikal lainnya seperti crankcase horizontalnya yang membuat boks mesin terlihat kompak.

Boleh jadi alasan itu yang membuat Philippe Legente tak mau mengubah banyak mesin Yamaha XS650 produk 1976 nya. Tim Philippe dari Soyouz Cycle berkolaborasi dengan François dari Self Moto Service, Toulouse Perancis mengubah penampilan agar motor bergaya bobber, bahkan lebih pas sebagai brat-style dilihat dari desain jok narrow serta ban Firestone Deluxe Champions. Sisanya dibuat agar seperti kondisi motor berumur 40 tahun.

Sebenarnya sebelum direstorasi, motor telah 5 tahun dibiarkan, karena rusak akibat kecelakaan lalu lintas. Philippe memang tak mau membangun motor yang kinclong, dengan komponen baru dan laburan epoxy. “Saya hanya ingin tetap menampilkan kondisi alami, khususnya motor berusia 40 tahun dengan semangat chopper dan kemampuannya di usia itu saat ini,” tegasnya.

Philippe pun membuat sasis bagian belakang menjadi minimalis. Ia juga memendekkan garpu depan agar pas dengan fork H-D Sportster. Dan motor pun menjadi lebih pendek 100mm.

Tangki pun dicomot dari model SR500,sementara penampang bokong buatan kru wanita Soyouz Cycle. Bagian lainnya nampak nyeleneh, seperti cover sproket berlubang-lubang, pengunci roda depan yang menggunakan gembok antik.

Sementara lampu depannya menggunakan produk vintage Marchal tetapi dengan soket untuk bohlam H4, seperti juga lampu sein dan braket plat nomor.

Philippe mendesain sendiri setang kemudi berbahan pipa 22mm. Gripnya produk Posh, sementara switch starter dipindah ke bagian kanan. Dan panel meter hanya ada spidometer universal yang ditaruh rendah di sebelah kiri.

Knalpotnya pun tampak seperti tua, padahal produk baru buatan Gordon Scott Engineering. Komponen nyeleneh lainnya adalah asbak aluminium yang ditempatkan pada shock belakang kanan. Asbak yang berasal dari bus tua.

Boleh jadi, bukan kehidupan yang dimulai saat 40 tahun, tapi “kenakalan.”Life begins at Forty! (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*