Ban Michelin Bisa Lebih Baik dari Bridgestone di MotoGP 2016

0
209

Michelin-Potensi-MotoGP-2015
Ban Michelin yang sempat dikeluhkan memiliki performa kurang bagus di dua tes sebelumnya khususnya ban depan, mulai menunjukan kemajuan di tes Misano oleh Marc Marquez. Foto: Speedweek

Misano (naikmotor) – Tahun ini, Bridgestone menjadi pemasok tunggal ban balap untuk ajang MotoGP yang terakhir kalinya. Meski demikian, produsen ban asal Jepang itu malah semakin getol memberikan kualitas ban terbaik yang mereka miliki. Juga sebagai pembuktian bahwa mereka punya teknologi terbaik dalam hal kualitas ban untuk balap motor prototipe seperti MotoGP.

Tahun depan, Michelin akan mengambil alih posisi Bridgestone sebagai pemasok tunggal ban di ajang balap MotoGP. Sehingga para pembalap dan juga promotor balap MotoGP, memberikan beberapa sesi pengetesan ban Michelin untuk persiapan tahun depan.

Namun dalam dua sesi pengetesan sebelumnya yaitu di sesi tes pra musim 2015 dan pertengahan musim. Pembalap mengeluhkan grip ban depan yang kurang adaptif. Menurut Jorge Lorenzo dan Marc Marquez, bahwa level grip ban depan kurang cepat beradaptasi pada temperatur. Sehingga grip kurang bagus ketika di geber dalam beberapa lap awal.

Berbeda dengan karakter ban belakang yang ditawarkan Michelin, para pembalap bahkan menilainya sebagai ban belakang yang lebih baik dari karakter yang ditawarkan Bridgestone.

Tapi pembuktian terbaru, sepertinya sudah menunjukkan kemajuan. Marc Marquez mampu membuktikan pencapaian lap tercepat di Sirkuit Misano (dua hari setelah MotoGP Misano) yang hampir sama dengan saat sesi kualifikasi menggunakan ban Bridgestone.

Di sesi kualifikasi menggunakan ban Bridgestone Ia mencetak lap tercepat 1:32.421. Sementara di sesi tes menggunakan ban Michelin, Ia mampu membukukan 1:32,5. Artinya, potensi kualitas ban Michelin di ajang balap MotoGP tahun depan, bisa lebih baik. Jika ini terjadi, maka bisa saja tahun depan serangkaian rekor lap tercepat kembali terpecahkan. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

*