Diakuisisi Exxon Mobil, Federal Oil Menjadi Produk Global dengan Kearifan Lokal

0
98
Federa;l Lubricants Federal Oil Menjadi Produk Global
Federal Oil menjadi akan menjadi produk global dengan bergabung bersama Exxon Mobil. Foto: Afid

NaikMotor – Produsen Federal Oil, PT Federal Karyatama (FKT) telah diakuisisi Exxon Mobil sejak 28 Juni 2018. Maka kini Federal Oil menargetkan menjadi produk global dengan kearifan lokal.

Exxon Mobil sendiri sudah berada di Indonesia dengan Exxon Mobil Lubricants Indonesia yang menyasar konsumen bisnis (perusahaan). Sementara Federal menjadi produk after market yang menyasar langsung konsumen pengguna.

Dengan bergabungnya Federal Oil dengan Exxon Mobil, maka FKT kini memiliki bahan baku lebih baik, karena Exxon merupakan produsen crude oil terbaik dan terbesar. Selain itu, semula posisi FKT penyuplai 20% pelumas roda dua, kini turut naik peringkat menjadi no 3 di Indonesia. Seperti yang dinyatakan Patrick Adhiatmaja, Presiden Director PT FKT.

Sehingga menurut Patrick kini FKT memiliki visi baru. ”Federal Oil menargetkan menjadi produk global dengan kearifan lokal sebab Exxon adalah perusahaan global terkemuka.”

Soal produk Mobil Supermoto Oil, ”Kita justru telah memetakan pasar mana untuk Federal Oil dan mana untuk Supermoto. Termasuk segmentasi pasarnya agar tidak overlap. Jadi seperti mengelola sebuah usaha dengan 2 merek,” papar Patrick saat ditemui dalam Gathering bersama media di Jakarta Selatan, (24/4/2019).

Soal positioning antara Federal Oil dan Supermoto, Patrick menyebut, ”Itu akan diserahkan pada konsumen, mana yang lebih mereka sukai, karena kini bahan bakunya sama harga tidak jauh beda,” pungkasnya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*