Yamaha MT-07 Pakai Turbocharger, Kapan Tuh?

0
69
Yamaha MT-07 Memakai Turbocharger
Sketsa paten yang menampilkan Yamaha MT-07 memakai Turbocharger. Foto: greatrider.com

NaikMotor – Model roadster menengah Yamaha akan menggunakan induksi paksa udara. Seperti terdokumentasikan pada sketsa paten yang bocor, Yamaha MT-07 memakai Turbocharger.

Perangkat untuk memampatkan udara intake memang bukan barang baru, bahkan sejak 1980-an. Pada 2014 Kawasaki menampilkan Ninja H2/R dengan supercharger.

Namun, berbeda dengan pabrikan geng hijau, pada Yamaha MT-07 akan menggunakan turbocharger. Seperti terlihat pada sketsa sebuah mesin 2 silinder dengan exhaust yang terhubung dengan unit yang akan memutar turbin, dan terhubung dengan bilah yang akan memampatkan udara intake.

Perangkat turbo itu diletakkan pada sisi kiri mesin. Seperti yang diberitakan media greatrider.com.

Penerapan turbocharger tampaknya untuk mengantisipasi pemberlakukan standar emisi Euro5 mulai 2020. Selain, agar mesin kapasitas menengah itu memiliki tenaga seperti kapasitas lebih besar. Tentunya dengan kadar emisi lebih rendah.

Yamaha MT-07 model terakhir bermesin 2 silinder 689cc yang menghasilkan 73,7 daya kuda dan torsi 68Nm. Namun belum diketahui seberapa besar performanya jika sudah berturbocharger. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*