Rossi Memaksa Yamaha Pasang Swingarm Winglet Juga, Begini Bentuknya

0
4328
Yamaha Pasang Swingarm Winglet
Swingarm Winglet pada Yamaha YZR-M1 saat tes pramusim 2018 di Valencia. Foto: motogp-fever.de

NaikMotor – Sejak Mahkamah Banding FIM MotoGP menyatakan winglet swingarm Ducati legal maka tim-tim lainnya pun menerapkannya. Rossi telah menekankan agar tim Monster Energy Yamaha pasang swingarm winglet juga.

Ketika dinyatakan legal, Honda, Aprilia, dan KTM sudah mulai mencoba menggunakannya. Honda sudah mencobanya saat FP3 di MotoGP 2019 Austin, KTM menerapkannya saat trek Austin basah.

Sementara itu, sebenarnya Yamaha tidak termasuk tim yang mengajukan protes dan banding. Sebab sebelumnya di tes pramusim Rossi dan tim memakai perangkat yang diklaim sebagai deflektor air itu.

Yamaha mengklaimnya, sebagai solusi keselamatan jika trek basah atau balapan saat hujan. Namun, kenyataannya Ducati menggunakannya di saat trek kering di Qatar. Ducati beralasan penggunaannya untuk menjaga ban agar tetap pada suhu kerjanya.

Winglet swingarm Yamaha ukurannya lebih kecil daripada milik Ducati. Pembalap Yamaha, Valentino Rossi telah meminta Yamaha menerapkannya, menyatakan, ”Ada sedikit pengaruh sehingga saya menekankan agar digunakan pada Yamaha YZR-M1 segera.”

Pasalnya, lanjut Rossi, Yamaha selalu terdepan di awal musim. Untuk menjaga performanya itulah, Rossi mengajukan penerapan winglet swingarm di Yamaha. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*