Jadi Bencana Nasional, Staf Khusus Presiden Ingatkan Kesadaran Berlalu Lintas Milenial

0
59
Staf Khusus Presiden Ingatkan Kesadaran Berlalu Lintas Milenial
Diaz Hendropriyono, Staf Khusus Presiden ikut Sunmori naik Vespa dalam acara #RoadSafetyForBikeLovers, Minggu (14/7/2019). Foto: Istimewa

NaikMotor – Keselamatan berkendara masih menjadi isu utama pemerintah termasuk para pihak terkait seiring masih tingginya angka kecelakaan di jalan. Melalui gerakan #DengarYangMuda, Diaz Hendropriyono, Staf Khusus Presiden ingatkan kesadaran berlalu lintas milenial dalam acara #RoadSafetyforBikeLovers, Minggu (17/4/2019).

Menurut Jusri Pulubuhu, Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), angka kecelakaan bermotor di jalan raya per tahun mencapai 100.000 lebih dan 70-an persen melibatkan kalangan produktif yakni kalangan milenial atau anak muda 15 – 38 tahun. “ Setiap hari terjadi 73 kali kecelakaan dengan melibatkan 3-4 orang korban setiap harinya,” tambah Jusri.

Oleh karena itu melalui  #DengarYangMuda, Diaz Hendropriyono, Staf Khusus Presiden ingatkan kesadaran berlalu lintas milenial  yang  menjadi harapan generasi mendatang. “ Selain ancaman korban hoax, narkoba dan lain-lain, kecelakaan lalu lintas pun menjadi ancaman untuk kalangan milenial yang sebenarnya adalah tulang punggung masa depan indonesia. Kalau melihat data, tingginya angka kecelakaan itu sudah bisa dikategorikan sebagai bencana nasional termasuk soal kerugian ekonomi yang tidak bisa dilihat sebelahmata, yakni bisa mengurangi 3-4% dari GDP,” sebut Diaz yang naik Vespa bersama rombongan dari Sekretariat Negara menuju kawasan Gunawarman Jakarta Selatan.

Diaz menambahkan, melalui acara seperti ini yang melibatkan kalangan pemotor termasuk milenial, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas. “Sekeras apapun peraturan dibuat oleh pemerintah, kepolisian hingga DPR untuk dibuat Undang-undang, kalau bukan kesadaran dari diri kita sendiri akan sulit. Acara ini dibuat lebih kepada kesadaran publik arti pentingnya berkendara,” jelasnya.

Sedangkan Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol. Halim Pagarra mengatakan “Setiap berkendara, kita mesti ingat prinsip 3 Siap. Pertama, siap diri yang berarti harus sadar dan memiliki surat (kendaraan) yang lengkap. Kedua, siap kendaraan atau pastikan kendaraan layak jalan. Ketiga, siap mematuhi peraturan lalu lintas. Jangan melawan arus, merampas hak pejalan kaki, dan melakukan tindak melawan hukum lainnya,” tukasnya.

Berbagai klub dan komunitas hadir antara lain Bikers Brotherhood 1% MC Jakarta Chapter, HOG Anak Elang, The Lita’s Jakarta, Motor Besar Club Indonesia (MBCI), Piston Pirates, komunitas Vespa dan lainnya. Selain Sunmori, acara  #RoadSafetyForBikeLovers juga menghadirkan Ipoet Kusumonegoro dan Rudi Soedjono dari Flying Piston Garage dalam talkshow. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*