Duh, Dianggap Terlalu Kencang di WorldSBK 2019, Ducati Panigale V4R Diturunkan RPM-nya

0
2870
Ducati Panigale V4R Diturunkan
Batas putaran mesin Ducati Panigale V4R diturunkan mulai seri WorldSBK 2019 Belanda. Foto: WorldSBK

NaikMotor – Setelah berjalan 3 seri, penyelenggara WorldSBK 2019 mengeluarkan ketentuan batas putaran mesin baru. Ducati Panigale V4R diturunkan RPM-nya, sedangkan Honda dinaikkan.

Ketika Alvaro Bautista memenangkan semua race dalam 3 seri awal musim 2019, dengan Panigale V4R, telah menimbulkan spekulasi kalau Ducati bakal terkena kewajiban menurunkan batas putaran mesin sesuai regulasi teknis tahun lalu.

Memang sesuai ketentuan regulasi teknis yang ditetapkan akhir tahun lalu. Yakni, setelah 3 seri awal, organiser bisa menetapkan ketentuan agar tingkat performa tiap pabrikan seimbang. Dengan mempertimbangkan konsesi dan batas maksimum putaran mesin.

Setelah 3 seri terakhir penyelenggara kejuaraan Superbike dunia menganalisa performa masing-masing sportbike pabrikan peserta. Atas pertimbangan itu hasilnya, Ducati wajib menurunkan batas putaran mesin dan Honda mendapat konsesi menaikkan batas putaran mesinnya.

Ducati Panigale V4R diturunkan 250RPM, sedangkan Honda dinaikkan 500RPM. Meski sebenarnya Ducati dan Kawasaki tidak mendapat konsesi untuk melakukan upgrade musim ini, sementara Yamaha, BMW dan Honda mendapatkannya. Ketentuan batas putaran mesin bagi masing-masing pabrikan akan berlaku mulai seri Belanda, yang akan berlangsung di Assen, 12-14 April 2019. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*