Gigi Dall’Igna Ngaku Aero Swingarm Ducati Punya Efek Downforce

0
329
Protes Winglet Swingarm Ducati Diterima
Protes 4 tim atas winglet swingarm Ducati Desmosedici GP19 diterima Mahkamah Banding FIM. Foto: blogo

NaikMotor – Perangkat aero swingarm Ducati telah dinyatakan legal oleh pengadilan tinggi FIM. Protes 4 pabrikan lain ditolak dan perangkat difuser swingarm itu boleh dipakai saat balapan.

Kini usai dinyatakan legal, Gigi Dall’Igna, GM tim Ducati mengaku selain berfungsi sebagai pendinginan ban, aero swingarm Ducati memang memberikan efek lain yaitu downforce meski tak banyak.

Aero Swingarm Ducati

“Perangkat aero ini bekerja dengan cara memberikan udara pada ban belakang dan hasil dari tes kami, di sesi tes Qatar sebelum balapan, adalah kami bisa mengurangi temperatur ban sekitar 7 derajat Celcius. Begitu juga dengan water spoiler yang digunakan Yamaha pada akhir tahun lalu tentu memiliki efek tersebut. Dalam kasus kami, saya bisa bilang kepada kalian semua bahwa kami mendapat sekitar 3-4 Nm pada 180 km/jam atau kurang lebih 300 gram,” katanya dikutip Speedweek.

Sebelumnya 4 pabrikan, Honda, Suzuki, Aprilia dan KTM protes karena diduga difuser tersebut punya efek ganda meningkatkan aerodinamika. KTM bahkan gamblang menyebut difuser itu dapat meningkatkan downforce.

Tentu saja hitungan downforce 300 gram pada 180 km/jam tersebut akan bertambah saat motor makin kencang. Sedangkan top speed Ducati Desmosedici GP19 yang digeber Andrea Dovizioso bisa mencapai 356 km/jam.

Ducati mengaku karena tujuan utama perangkat tersebut untuk mendinginkan ban, maka mereka tidak mengetes hal tersebut di wind tunnel.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*