Honda, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha akan Bekerja Sama Membuat Standar Sepeda Motor Listrik?

0
Membuat Standar Sepeda Motor Listrik
Honda CR250 di Tokyo Motor Show 2019. Honda, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha telah bekerja sama membuat Standar Sepeda Motor Listrik. Foto: electrek

NaikMotor – Empat pabrikan besar dari Jepang dikabarkan akan berkolaborasi bidang elektrifikasi. Honda, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha akan bekerja sama membuat standar sepeda motor listrik seperti diberitakan The Japan News, (3/4/2019).

Keempat pabrikan besar Jepang itu sebenarnya belum juga memproduksi sepeda motor listrik massal yang bisa dimiliki publik. Meski Honda misalnya sudah meluncurkan PCX Electric, dan menampilkan konsep CR250 di Tokyo Motorcycle Show 2019. Demikian juga dengan Yamaha, bahkan Kawasaki atau Suzuki belum menampilkan konsepnya.

Tetapi dengan bekerja sama membuat standar sepeda motor listrik akan menjadi langkah awal elektrifikasi roda dua produk mereka. Keempat pabrikan besar Jepang akan membentuk badan konsultatif yang akan menyamakan standar sepeda motor listrik.

Tujuannya untuk menghindari banyak perbedaan standar seperti pada stasiun charging dan berbagai infrastruktur lainnya. Sisi yang akan memudahkan para pengguna motor listrik lintas merek.

Pada saat ini, pabrikan sepeda motor listeik yang sudah establish seperti Zero Motorcycles hanya menyediakan sistem charging untuk tegangan listrik 110VAC (level1) misalnya. Sehingga butuh perangkat level2 untuk pengguna dengan listrik rumahan 220VAC misalnya. Pabrikan Gogoro lain lagi, mereka menawarkan baterai yang bisa dilepas pasang.

Opsi charging yang berbeda dalam industri sepeda motor listrik itulah yang akan dihindari dengan bekerja samanya Honda, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha membuat standar sepeda motor listrik. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here