Motor KTM MotoGP Akan Tetap Unik Dengan Sasis dan Suspensi Sendiri

0
77
Motor KTM MotoGP Akan Tetap Unik
Motor KTM RC16 MotoGP akan tetap menggunakan suspensi sendiri dan sasis trelis. Foto: dorna motogp

NaikMotor – Bos KTM menyatakan motor KTM MotoGP akan tetap unik dengan sasis dan suspensinya. Di MotoGP, hanya KTM dengan sasis trelis dan suspensi WP.

Tim Red Bull KTM Factory Racing untuk pertama kalinya berpartisipasi di MotoGP 2017. Tim mengandalkan RC16 yang dikembangkan sejak 2014.

Meski telah berganti musim dan mencoba berbagai konfigurasi mesin, mulai dari screamer, bigbang, V4, hingga counter rotating crankshaft, namun dua konstruksi KTM RC16 tetap sama, yakni sasis dan suspensi. KTM menjadi satu-satunya tim yang menerapkan suspensi WP bukan Ohlins dan sasis trelis bukan twin spar seperti tim MotoGP lainnya.

Tetapi keunikan RC16 itu menjadi pertanyaan ketika Tim pabrikan dari Austria itu belum juga meraih prestasi, podium pertama di posisi ke-3 di seri Valencia 2018 oleh Pol Espargaro. Selebihnya hanya 10 kali di 10 besar selama musim 2017 dan 2018, itupun didukung oleh Test Rider Mika Kallio.

Pertanyaan publik pun mengemuka mengapa KTM tidak mengganti konstruksi RC16 seperti kompetitor lainnya. Tetapi Bos KTM, Pit Beirer justru mengelak, motor KTM MotoGP akan tetap unik dengan sasis trelis dan suspensi WP yang diproduksi oleh grup KTM-Husqvarna. “Itu bukan opsi, kami telah bekerja sejauh ini dengan part hasil pengembangan sendiri. Sebab kedua hal itu telah membuat kami sukses di setiap disiplin. Jadi kami akan tetap dengan sasis dan suspensi buatan grup kami sendiri, sebab kami memiliki pengalaman luas dengan material itu.” (Afid/nm)


LEAVE A REPLY

*