Lorenzo Tak Terkejar, Rossi Start di Lini Pertama QTT MotoGP Misano

0
17

Lorenzo-Pole-Misano-2015
Dominasi Jorge Lorenzo berlanjut hingga sesi kualifikasi dengan merebut posisi terdepan di MotoGP Misano 2015, Sabtu (12/9/2015). Foto: Yamaha

Misano (naikmotor) – Jorge Lorenzo akhirnya membuktikan bahwa Ia pantas meraih hasil terbaik di sesi kualifikasi MotoGP Misano, San Marino yang baru saja berlangsung Sabtu (12/9/2015). Sang juara dunia MotoGP sebanyak dua kali itu meraih hasil lap tercepat dengan 1:32.46. Meski sedikit kecewa karena Valentino Rossi terlihat menghalangi jalurnya di lap pamungkas, namun tetap tidak ada perubahan posisi.

“Saya sangat senang karena mampu mencetak lap tercepat di sesi kualifikasi, padahal kondisi ban depan sedikit kurang meyakinkan. Kami mengganti ban belakang, tapi ban depan tetap pakai ban yang sebelumnya. Ditambah lagi Rossi yang terlihat melambat di jalur racing, membuatku sedikit mengurangi kecepatan. Beruntung Marc Marquez mengalami masalah di lap terakhir, sehingga posisiku tak bergeser,” beber Lorenzo.

Pembalap yang berhasil meraih lap tercepat kedua ditempati oleh Marquez. Pembalap asal Spanyol itu mengakui bahwa motornya masih mengalami masalah stabilitas pada tipe sirkuit tricky seperti Misano.

“Terlalu banyak guncangan sehingga tak jarang motor saya harus keluar dari jalur balap. Kondisi ini pula yang terjadi di lap terakhir, saya melebar dan akhirnya harus merelakan grid pertama pada Lorenzo. Lagi pula, dua pembalap Yamaha sangat stabil di sirkuit ini. Mereka melalui semua trek dengan halus tanpa ada guncangan,” beber Marquez.

Sementara Rossi yang berada di urutan ketiga merasa bahwa kunci untuk berada di urutan terdepan besok adalah bagaimana Ia mampu berada di depan setelah tikungan pertama. Tentunya ini berbeda dari filosofi yang biasanya Ia anut. Lantaran Rossi sangat jarang mengawali balapan langsung berada di urutan terdepan.

“Besok targetku adalah berada di urutan terdepan setelah tikungan pertama. Karena ini jadi kuncian untuk meraih kemenangan. Kami berhasil melakukan improvisasi performa di zona tikungan cepat. Dengan menjaga konsistensi, rasanya peluang menang bisa kami raih,” timpal Rossi.

Posisi keempat diisi oleh Dani Pedrosa dengan selisih 0,2 detik juga dari Lorenzo. Pedrosa adalah satu-satunya pembalap yang mampu meraih kemenangan non Yamaha sejak tahun 2008 di sirkuit ini. Sementara itu, kejutan kecil justru ditunjukkan oleh Michele Pirro. Test rider Ducati itu mencetak lap tercepat kelima menggunakan motor Ducati versi riset. (Spy/NM)

Hasil kualifikasi MotoGP Misano:
1. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1:32.146
2. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) +0.106
3. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +0.212
4. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) +0.288
5. Michele Pirro ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) +0.590
6. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +0.655
7. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) +0.675
8. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) +0.788
9. Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.2) +1.023
10. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) +1.041
11. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) +1.074
12. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +1.076

LEAVE A REPLY

*