Mesin Dan Gurney Kompak Bertenaga Tanpa Getar

0
Mesin-dan-gurney-moment-
Mesin MC4S (Moment-Cancelling Four-Stroke) rancangan Dan Gurney, mantan pembalap Amerika memiliki silinder ganda mempunyai dua crankshaft berdampingan yang masing-masing menangani sebuah piston, tetapi putaran crankshaft saling berbalikan. Foto: istimewa

Sussex (naikmotor) – Dan Gurney pembalap legendaris dari Amerika mempatenkan mesin MC4S kepanjangan dari Moment-Cancelling Four-Stroke.

Mesin silinder ganda itu mempunyai cara kerja berbeda dengan kebanyakan mesin kombusi internal 4 langkah Otto Cycle yang ada.
MC4S memiliki dua crankshaft berdampingan yang masing-masing menangani sebuah piston, tetapi putaran crankshaft saling berbalikan.

Masing-masing ujung crankshaft terhubung dengan gir yang bertautan. Mesin mempunyai karakter bertenaga puncak pada putaran rendah, emisi rendah, ukuran kompak dan minim getaran.

Karena dengan putaran crankshaft yang bertolak belakang secara otomatis tak memerlukan balancer, sebab masing-masing gerakan piston akan saling menghilangkan getaran satu sama lainnya.

Mesin menurut Gurney sebenarnya ditujukan untuk penggerak sepeda motor tetapi tidak tertutup kemungkinan untuk mobil, perahu bahkan pesawat. Uniknya dalam merancang mesin, Gurney bekerja sama dengan Chuck Palmgren, kompetitornya dalam balap mobil dahulu.
(Afid/nm)

Spesifikasi Moment-Cancelling Four-Stroke
Mesin 2 silinder tandem crankshaft, DOHC, 4 katup per silinder, berpendingin cairan
Kapasitas 1.800cc
Tenaga 141 daya kuda @ 8.000rpm hingga 262 daya kuda dengan induksi paksa (turbo/supercharger)
Rasio kompresi 9.5:1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here