MotoGP Misano 2015: Yamaha M1 Lorenzo Dipasangi Winglet

0
M1-Winglet-MotoGP-Misano
Yamaha mencoba memasang winglet, sayap kecil di bagian fairing di bawah windshield untuk aerodinamika di motor Lorenzo di FP MotoGP Misano. Foto: Buffer Overflow

Misano (naikmotor) Aplikasi winglet alias sayap kecil yang berfungsi untuk mengatur sistem aerodinamika pada motor agar tak gampang wheelie atau ban depan tak gampang terangkat saat berakselerasi, mulai terlihat di motor milik Jorge Lorenzo. Yamaha yang mengaplikasi sayap tersebut pun baru sebatas mencoba.

Namun hasilnya seperti sangat positif, lantaran Jorge Lorenzo yang sebelumnya berada di posisi kedua di sesi latihan pertama, langsung mampu tampil apik memanfaatkan performa terbaiknya di sesi latihan kedua. Tentunya ini menjadi kabar positif, lantaran sistem aerodinamika yang mereka aplikasikan, bekerja dengan baik.

Aplikasi sayap kecil ini, bukanlah pertama kali dilakukan oleh Yamaha. Lantaran Ducati pun sudah pernah mengaplikasikannya sejak akhir era Casey Stoner di tim asal Italia itu. Aplikasi sayap kecil ini kembali digunakan di era Valetino Rossi dan sedikit direvisi tahun ini. Namun fungsinya tetap sama, yaitu agar ban depan tak gampang terangkat saat berakselerasi di tipe trek yang gripnya sangat kuat.

Hanya saja posisi sayap saja yang berbeda. Jika Ducati meletakkannya tepat di bagian depan fairing, Yamaha malah meletakkannya di posisi yang lebih tinggi yaitu tepat di bawah windshield atau disamping batok depan setang. Tentu ada alasan tersendiri mengapa Yamaha meletakkannya di bagian depan. Bisa jadi karena bagian inilah yang pertama kali bersentuhan dengan pola gerakan udara yang mengenai bodi motor.

Belum ada alasan yang diungkapkan Yamaha terkait sayap tersebut. Tapi jika ini mampu membuat pencapaian lap tercepat meningkat tajam, bisa jadi kedua pembalap Yamaha yaitu Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi bakal menggunakannya. (Spy/NM)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here