Dukung MotoGP Mandalika, PUPR Siapkan Dana Rp 1,2 Triliun Bangun Ringroad

0
109
MotoGP Mandalika
Gelaran WorldSBK Mandalika disambut gembira Pembalap Superbike Berdarah Indonesia. Foto: twitter

NaikMotor – Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP Mandalika 2021. Kementerian PUPR pun telah menyiapkan anggaran Rp1,2 triliun untuk pembangunan jalan outer ringroad sebagai akses di Mandalika, Lombok, NTB.

Hadi Sucahyono, Kepala BPIW (Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah) Kementerian PUPR mengatakan, pembangunan jalan itu untuk mempermudah akses dari bandara menuju sirkuit tanpa harus melintasi pemukiman warga.

“Ya karena langka, negara yang bisa ditunjuk. Lokasi MotoGP itu juga langka. PUPR ingin bikin jalan akses. Misalnya kalau tiba-tiba ada acara adat, sementara MotoGP harus mulai, itu kan menganggu. Sekarang kami memikirkan untuk membangun jalan untuk bypass,” katanya di sela Konsultasi Regional Tahun 2019 wilayah Jawa dan Bali, di IPB ICC Bogor, Jawa Barat, Senin, (18/32019).

MotoGP Mandalika

Hadi mengatakan, bypass akan dibangun dengan membuat jalan baru dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid ke Sirkuit Mandalika sepanjang 17 km, bukan di jalan yang sudah ada.

Jalanan sengaja tidak dibangun di lokasi jalan strategis nasional dengan alasan pemukiman penduduk yang sudah padat. Meski volume kendaraan masih rendah, tapi akan berbeda saat MotoGP berlangsung.

“Kalau ada MotoGP, nanti ada ratusan ribu (turis). Sehingga kami memikirkan shortcut bypass. Di sana ada Kampung Sade, ada pertokoan segala macam. Sementara kalau MotoGP, harus on time tuh penontonnya. Kalau sudah jauh-jauh terlambat, rugi dong penontonnya. Kami memikirkan itu. Kami semua mendukung itu,” kata Hadi.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*