MotoGP Misano 2015: Aspal Baru Bikin Pembalap Lebih Cepat Lima Persen

0
Aspal-Baru-Misano-MotoGP-2015
Pertarungan di MotoGP Misano dipastikan akan seru karena aspal baru diyakini bisa meningkatkan kecepatan pembalap hingga lima persen. Foto: Yamaha

Misano (naikmotor) – Koreksi dan kritik yang diberikan para pembalap MotoGP saat bertandang ke Sirkuit Misano, San Marino, ternyata membuat pengelola sirkuit tersebut melakukan pelapisan ulang permukaan sirkuit. Meski tak pernah dilakukan sesi tes bersama di sana, namun di klaim, kondisi aspalnya jauh lebih baik.

Tentunya kita akan berbicara tentang siapa yang bakal bisa beradaptasi dengan cepat pada kondisi aspal tersebut. Apalagi dikatakan bahwa dengan kondisi aspal baru, peningkatan lap tercepat yang bisa diraih para pembalap mencapai 5 persen dari tahun-tahun sebelumnya.

Lalu siapa yang diprediksi bakal mampu tampil cepat? hmm, mungkin penting untuk mengklasifikasikannya terlebih dahulu. Jika melihat bandingan performa para pembalap papan atas di putaran-putaran sebelumnya dengan musim sebelumnya, Misano lebih moderat bagi para pembalap.

Artinya sirkuit ini tidak hanya menguntungkan pembalap yang menggunakan Honda saja, atau Yamaha saya. Namun juga menguntungkan bagi pembalap tim Ducati bahkan Suzuki. Kalau sudah begitu, tentunya kita tak bisa lagi berbicara tentang motor mana yang paling kencang. Melainkan pembalap mana yang bisa memaksimalkan celah yang ada untuk meraih hasil terbaik.

Mari kita lebih fokus kepada tiga pembalap terdepan di klasemen pembalap yaitu Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Ketiganya punya passion dan performa terbaik, pun kesempatan untuk meraih kemenangan yang sama besarnya. Rossi, sukses meraih kemenangan di sirkuit ini tahun lalu usai bertarung ketat dengan Marquez yang akhirnya terjatuh di pertengahan balapan.

Kemudian Lorenzo yang berhasil tampil apik di sini ketika Rossi pindah ke tim Ducati 2011 dan 2012 lalu. Belum lagi berbicara tentang performanya di tiga seri terakhir pada kondisi trek normal. Ia jauh sangat kompetitif ketimbang Rossi. Begitu juga dengan Marquez, yang pastinya bakal lebih berhati-hati usai mengalami 4 insiden terjatuh musim ini.

Tantangan lain datang dari tim Ducati yang menjadikan Misano sebagai tempat untuk melakukan tes privat setiap saat. Meski banyak yang memegang Rossi sebagai jawaranya saat balapan nanti, namun apapun bisa terjadi saat balapan. Pada kondisi sekarang, Rossi tak begitu kompetitif di kondisi trek normal. Tapi jika mampu memaksimalkan pemanfaatan celah berdasarkan pengalamannya, maka MotoGP Misano bakal menunjukkan tontonan yang sangat menarik nantinya. (Spy/NM) 

 

LEAVE A REPLY