Federal Oil Uji Ketahanan Pelumas Baru dari Aceh ke Jakarta

0
177

Endurance-Journey-with-Federal-Oil
PT Federal Karyatama produsen pelumas Federal Oil sukses menggelar uji ketahanan dalam acara Endurance Journey with Federal Oil dari Aceh ke Jakarta menempuh jarak total 3.557 km selama 11 hari. Foto: Federal Oil

Jakarta (naikmotor) – PT Federal Karyatama produsen pelumas Federal Oil menguji ketahanann empat jenis pelumas sepeda motor dari Aceh ke Jakarta menggunakan sport bike dan skuter matik selama 11 hari menempuh total jarak tempuh 3.557 km.

Endurance Journey With Federal Oil dimulai pada 25 Agustus 2015 dan berakhir pada 4 September 2015 mulai dari Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Lampung dan berakhir di Jakarta.

Sebelum diujicoba daya tahannya menempuh perjalanan jarak jauh, Federal Oil telah melakukan dyno test di Sportisi Motorsport dan bongkar mesin di workshop Kawahara Racing untuk pencatatan data awal.

Secara komprehensif metode pengujian meliputi ; pengecekan awal komponen bergerak di dalam mesin yaitu pembongkaran mesin bagian atas dan pembersihan ruang bakar, serta pengecekan komponen pendukung lainnya seperti rem dan komponen penerus daya.

Dyno test awal pemakaian Federal Oil yaitu menentukan data acuan awal dari peforma oli yang dipakai serta parameter pengujian berdasarkan power dan torsi serta negative horse power untuk melihat kinerja pelumas.

Setelah perjalanan selesai, dilakukan dyno test akhir yaitu pengujian ulang setelah menempuh jarak 3.557 km dengan parameter seperti saat pengujian awal untuk mengetahui perubahan performa mesin dan oli pasca perjalanan. Dilakukan juga pengecekan keausan komponen dengan melakukan pembongkaran mesin bagian atas .

Rangkaian pengujian ini menghasilkan performa kinerja pelumas Federal Oil yang positif. Dengan jarak tempuh 3.557 km dan kondisi jalan yang lengang embuat para riders bisa menggeber pada kecepatan rata-rata 90-110 km/jam.

Hasilnya, tidak ada guratan yang berarti pada cam, piston pin, rocker arm. Dinding silinder tetap halus dan residu akibat penguapan oli sangat minim.

Bayu Suryawan, GM R&D dan Engineering PT Federal Karyatama mengatakan, pelumas Federal Matik 30 dan 40 telah disempurnakan dengan bahan dasar synthetic yang mampu memberikan kestabilan pelumas pada kondisi berkendara.

“Kami juga menambahkan teknologi baru yaitu active polymer, advance active moly, double act cleaner yang membuat daya tahan mesin matik lebih panjang dan stabil melindungi gesekan antarlogam dan membersihkan kotoran pada permukaan logam sehingga kinerja mesin lebih optimal. Sementara Federal Racing merupakan Master Piece yang kami upgrade dengan bahan baku full synthetic yang mampu menjaga kestabilan viskositas pelumas secara optimal,” sebut Bayu.

Patrick Adiatmaja, Presiden Direktur PT Federal Karyatama mengatakan, uji ketangguhan pelumas Federal Oil ini dilakukan untuk menerima tantangan pembuktian tagline yang selama ini diusung sebagai Pelumas yang Spesial.

“Kami pastikan proses pengujian ini dilakukan oleh tim independen untuk sama-sama melihat hasilnya ketika perjalanan selesai. Ini juga merupakan bagian dari visi perusahaan kami yang berkomitmen pada customer focus, yaitu untuk senantiasa menghasilkan produk yang paling mengerti kebutuhan konsumen,” tutup Patrick.(rls/NM)

LEAVE A REPLY

*