Flashback 20 Tahun Perjalanan Yamaha MT-Series, Bagian 2

0
72
Yamaha MT-Series
Dua dekade perjalanan Yamaha MT-series sejak versi konsep MT-01 diperkenalkan di TMS 1999. Foto: Yamaha

NaikMotor – Momen peluncuran Yamaha MT-15 yang dimeriahkan kehadiran Valentino Rossi dan Maverick Vinales beberapa waktu lalu ternyata juga bertepatan dengan dua dekade perjalanan Yamaha MT-Series di dunia.

Mengusung tagline Master of Torque, keluarga MT-Series pertama kali diperkenalkan pada 1999, yakni Yamaha MT-01 concept model pada ajang pameran otomotif bergengsi Tokyo Motor Show (TMS) 1999.

Untuk itu NaikMotor.com merangkum perjalanan MT-Series mulai dari versi konsep sampai lahirnya MT-15 sebagai keluarga terkecil MT-Series. Rangkuman ini dibagi dalam dua tulisan agar lebih mudah dibaca dan dipahami.

Yamaha MT-Series

5. MT-09 Tracer (2015)

MT-09 TRACER adalah model paling sporty, gesit dan nyaman yang dimiliki oleh keluarga MT. Pengembangannya didasarkan atas konsep “Sporty Multi-use Bike” yang diklaim dapat mendukung segala jenis gaya berkendara di berbagi kondisi. Menggunakan paket mesin serta sasis yang dimiliki oleh MT-09 namun dengan sedikit sentuhan perubahan yang disesuaikan dengan nomenklaturnya sebagai motor multi-fungsi.

Yamaha MT-Series

6. MT-03 & MT-25 (2015)

Didasarkan atas konsep pengembangan bernama “Street Cheetah”, model-model ini menonjolkan beberapa keunggulan yaitu ringan, lincah dan mampu bekerja secara maksimal saat digunakan di area perkotaan.

Karakter yang dimiliki motor juga menawarkan kemudahan untuk penggunaan sehari-hari. Yamaha membekali MT-03 dan MT-25 dengan mesin DOHC in-line 2 silinder berkapasitas 321cc (MT-03) dan 250cc (MT-25).

Yamaha MT-Series

7. MT-10 (2015)

MT-10 merupakan flagship dan penghuni top of pyramid dari keluarga MT series yang muncul pertama kali pada gelaran EICMA Show di Milan, Italia berkat tampilan desainya yang berotot, agresif dan sporty.

Didukung dengan mesin Crossplane Crankshaft berkapasitas 998cc yang ditempelkan pada rangka aluminium Delta Box, memungkinkan motor tersebut mampu menghasilkan tenaga serta torsi melimpah.

MT-10 merupakan penyempurnaan fitur dari MT-09 TRACER berkat beragam teknologi yang diusungnya. Berbagai atribut yang dimiliki oleh roadster ini membuat Yamaha MT-10 diberi label sebagai “The King of MT.”

Yamaha MT-Series

8. MT-15 (2018)

MT-15 merupakan model teranyar dari keluarga MT series yang baru beberapa waktu lalu diperkenalkan kepada publik Indonesia oleh pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Memiliki tampilan desain lebih sangar dengan karakter agresif khas keluarga MT, terutama pada bagian wajah motor yang sudah mengadopsi teknologi Projector LED dengan lekuk body motor dibuat lebih padat dan berotot.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*