20 Tahun Perjalanan Yamaha MT-series Bagian 1

0
210
Yamaha MT-series
Tak terasa Yamaha MT-series sudah dua dekade. Foto: Istimewa

NaikMotor – Momen peluncuran Yamaha MT-15 yang dimeriahkan kehadiran Valentino Rossi dan Maverick Vinales beberapa waktu lalu ternyata juga bertepatan dengan dua dekade perjalanan Yamaha MT-series.

Mengusung tagline Master of Torque, keluarga MT-Series pertama kali diperkenalkan pada 1999, yakni Yamaha MT-01 concept model pada ajang pameran otomotif bergengsi Tokyo Motor Show (TMS) 1999.

Untuk itu NaikMotor.com merangkum perjalanan MT-Series mulai dari versi konsep sampai lahirnya MT-15 sebagai keluarga terkecil MT-Series. Rangkuman ini dibagi dalam dua tulisan agar lebih mudah dibaca dan dipahami.

Yamaha MT-series

1. MT-01 Concept Model (1999)

Mengusung konsep “Kodo” atau Soul Beat, pengembangan MT-01 concept model sangat begitu memperhatikan segala elemen kunci yang dibutuhkan dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang tak terlupakan.

Mulai dari irama dentuman mesin yang dihasilkan oleh kekuatan ledakan di ruang bakar, ritme bertenaga yang tercipta dari perubahan torsi, getaran suara yang timbul dari intake mesin dan knalpot, hingga detak jantung sang pengendara yang seluruhnya berkolaborasi dalam menghasilkan “Kodo”.

Yamaha MT-series

2. MT-01 (2004)

Merupakan model produksi masal pertama dari keluarga MT series yang mengawali debut di ajang INTERMOT, München, Jerman. Mengangkat konsep “Soul Beat V-Twin Sport”, MT-01 menyuguhkan mesin V-twin berkapasitas 1,670cc yang dipadukan dengan kerangka aluminium berbobot ringan dan sukses menghadirkan sensasi “Mega Torque.”

Yamaha MT-series

3. MT-09 (2014)

MT-09 merupakan versi generasi terkini dari keluarga MT series yang menawarkan ide-ide baru dalam proses pembuatannya. Ditenagai oleh mesin 3 silinder 846 cc in-line yang dikembangkan berdasarkan “Crossplane Concept” milik Yamaha.

Memainkan peran sebagai “Synchronized Performance Bike” dan “Master of Torque”, kehadiran MT-09 ditujukan untuk menawarkan gaya berekendara yang lebih menyenangkan sehingga sangat cocok digunakan masyarakat urban.

Yamaha MT-series

4. MT-07 (2014)

MT-07 membawa konsep “Sports Passion Motorcycle with Smart Value.” Hadir dengan desain yang lebih stylish dan ramping serta mesin berkapasitas 689 cc in-line 2 silinder menjadikan MT-07 sebagai motor yang lincah dan nyaman.(Agl/nm)


LEAVE A REPLY

*