Kisah Restorasi Honda Win Biru Si Sultan Berhijab Gaya Jepang

0
971
Restorasi Honda Win biru
Sultan, Honda Win biru hasil restorasi RC12 Home Garage saat tampil di BBQ Ride 2019. Foto: Arif

NaikMotor – Honda Win makin naik daun. Sosoknya yang klasik, tangguh dan irit membuat ‘Rusa Jenjang’ ini banyak diincar buat mainan anak muda. Salah satunya restorasi Honda Win biru milik Aria Yuda Aditia punggawa RC12 Home Garage, Bandung.

Terbukti di event BBQ Ride 2019 Run to The Hills beberapa waktu lalu banyak Honda Win yang terparkir liar, salah satunya Honda Win tahun 1984 milik Aria yang mencolok dengan pelek comstar serta windshield ala hijab.

Honda Win 1984 punya keistimewaan tersendiri buat Aria, karena detailnya banyak yang beda dengan tahun sesudahnya. Tak pelak begitu tahu ada yang jual, tanpa pikir panjang ia langsung bayar padahal belum lihat barangnya.

“Honda Win biru ini saya dapat dari pencari barang dan motor tua. Sebelumnya saya juga punya Win biru tapi tahun 1989, waktu dapet info si biru ini tahun 1984 yang konon katanya enggak banyak beredar, saya langsung bayarin padahal belom liat dan ternyata kondisinya jauh dari layak, yang ori cuma rangka doang rasanya, mesin semua sudah ubahan. Kebayangkan ngembaliin ke bentuk aslinya,” buka Aria.

Proses restorasi Honda Win biru yang diberi nama ‘Sultan’ ini memakan waktu 7 bulan. Aria tidak ngoyo cepat kelar karena harus mengerjakan motor customer. Beberapa parts yang sudah kekumpul bahkan sempat dipakai ke motor kliennya.

“Parts-nya pun banyak kecomot sama keperluan restorasi konsumen saya, yang jelas memang cukup lama karena detail Win 1984 beda dengan tahun setelahnya. Itu yang jadi tantangan sendiri karena sulitnya detail Win 84,” katanya.

Meski arahnya restorasi tapi Aria tetap ingin motornya beda dari Win yang lain. “Saya bikin tema nyeleneh aja buat si Sultan ini dengan pemasangan pelek comstar, windshiled Asahi, spion double marking Japan buat naikin kesan resto custom,” katanya.

Ide pemasangan pelek Comstar yang sedang gandrung dipakai bebek jadul itu pun datang dari hasil ngobrol dengan DJ E (E-One), DJ andalan kolektif hip hop ex-Homicide dan Eyefeelsix yang punya simpanan Honda CB125T.

“Dia menunjukan CB125T miliknya asli Jepang yang tangkinya ternyata mirip Honda Win, dan waktu saya search ternyata di sana banyak yang gunakan pelek comstar. Saya spontan motor ini harus pake Comstar biar Jepang banget,” katanya.

Sedangkan untuk windshield, Aria mengaku awalnya tak sengaja sedang berselancar di website Jepang. Saat melihat ada Kawasaki yang postur tangkinya mirip Honda Win memakai ‘hijab’ Aria pun langsung kepincut.

“Pas ada importir yang main ke Jepang saya langsung titip order windshield syariah, padahal gambling juga. Saya sempat berfikir pantas ga yah, hahaha… Yah pada akhirnya banyak juga yang mengapresiasi positif, hihi,” pungkasnya.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*