Kemenangan Dovi di MotoGP 2019 Qatar Nyaris Batal Gegara Protes Ini

0
150
Kemenangan Dovi di MotoGP 2019 Qatar Nyaris Batal
Dovi dan Marquez duel ketat jelang finish di MotoGP 2019 Qatar. Foto: dorna motogp

NaikMotor – Pembalap Ducati Winnow, Andrea Dovizioso (Dovi) membukukan kemenangan di seri perdana musim 2019. Tetapi kemenangan Dovi di MotoGP 2019 Qatar nyaris batal, karena protes tim lain.

Saat race itu tim Aprilia, Honda, KTM, dan Suzuki, telah mengajukan protes kepada Steward MotoGP. Pasalnya, motor Ducati ditengarai menggunakan winglet pada roda belakangnya. Padahal Winglet sudah dilarang sejak 2017.

Protes yang membuat Dovi di MotoGP 2019 Qatar nyaris batal itu ternyata ditolak oleh penyelenggara. Setelah investigasi yang dilakukan tim teknis paska race.

Dalam pernyataannya panel steward MotoGP menyebutkan, ”Berdasarkan pada petunjuk dan regulasi yang berlaku, panel steward FIM MotoGP menolak protes tersebut.” Sehingga kemenangan Dovi sah demikian dengan Danilo Petrucci di posisi ke-6.

Protes menyeruak setelah sebelumnya Tim Ducati Winnow menerapkan winglet pada roda belakangnya. Winglet diletakkan di bagian bawah swingarm di depan roda belakang. Winglet roda belakang pertama kali digunakan Danilo Petrucci saat latihan bebas, dan kemudian Dovi yang menerapkannya hanya saat race.

Tim yang mengajukan protes, beralasan winglet telah menguntungkan Ducati dalam hal menjaga agar suhu ban tetap tinggi, meski balapan malam. (Afid/nm)


LEAVE A REPLY

*