Modifikasi Peugeot Speedfight 125 R-Cup Biar Lebih Racing

0
238
Peugeot Speedfight 125 R-Cup
Tampilan Peugeot Speedfight R-Cup makin racing hasil garapan bengkel Racing Mujad Continue. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor – Tampilan standar Peugeot Speedfight 125 R-Cup sejatinya sudah sporty. Namun bagi sebagian orang tetap saja kurang racing, modifikasi pun dilakukan supaya motor terlihat lebih ‘nendang.’

“Ini motornya Om Roni, dia cuma ngasih motor terserah mau diapain. Karena standarnya sudah sporty ya jadi saya buat lebih sporty lagi, karena kalau ke klasik gak masuk,” buka Muhajad, dari Racing Mujad Continue (RMC).

Meski begitu, Mujad, panggilannya akrabnya, tidak mau tampilan Speedfight 125 R-Cup jadi asal racing. Meski konsepnya terbilang mudah, pemilihan parts harus ‘matching’ sebab kalau tidak bakal jadi norak.

Peugeot Speedfight 125 R-Cup
Penyematan Bremo pada sistem pengereman menambah percaya diri. Foto: Yusuf Arief

Biar racing look-nya dapat, kaki-kaki standar digusur, pengereman diperkuat Brembo, shock belakang Ohlins punya Honda Vario, pelek dicat mengikuti livery bodi, ban ganti lebih gendut, dan baut-baut pakai Probolt.

“Cuma bodi gak kita cat, kita bukan gak mau main warna cuma biar identitas Peugeot-nya gak ilang,” kata Mujad yang bengkelnya buka praktek di Depok, Jawa Barat, dan terima bore up Vespa matik.

Biar afdhol knalpot diganti punya Arrow buat Yamaha R1. Pemasangannya pun tidak bisa langsung plek, Mujad mesti membuat header baru yang lebih besar supaya knalpot seharga Rp 10 juta ini bisa lebih plong.

Peugeot Speedfight 125 R-Cup
DNA Racing makin kental dengan pemasangan knalpot Arrow milik Yamaha R1. Foto: Yusuf Arief

“Mesin gak kita ubah karena buat riding gak bore up, cuma kita upgrade CVT, roller pake punya Vario berat 8 gram sama jalur derajatnya diubah biar respon tenaganya lebih cepat buat stop and go,” katanya.

Speedfight 125 R-Cup merupakan model yang lebih tinggi. Dari eksterior bisa dilihat tipe ini dibuat untuk menghargai divisi balap Peugeot Sport. Livery-nya juga lebih sporty dengan bubuhan angka ’08.

Untuk merubah tampilan motor ini dibutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan estimasi biaya sekitar Rp 30 juta. Tentunya harga tersebut sesuai dengan aksesoris yang diinginkan oleh pemiliknya.

“Setelah jadi Om Roni keliatan puas. Cuma ke depan paling fork depan mau ganti USD. Kalau di luar negeri, R-Cup sudah USD tapi di kita engga. Kalau jadi paling fork depan USD-nya pakai punya NMax,” katanya.

Bagi Ronny Herliantho, sang pemilik Peugeot Speedfight 125 R-Cup, modifikasi ini telah direncanakan sebelum membeli motor asal Perancis. Alasannya pun cukup sederhana, ingin tampil beda.

“Motornya aja masih jarang dan saya ingin tampil beda dari model standar yang ada di pasaran.” tutur Ketua Peugeout Scooter Family kepada naikmotor.com saat perayaan 1st Anniversary Peugeot Scooters Family. (YA/NM)

Data Modifikasi Peugeot Speedfight 125 R-Cup:

  1. Kaliper Rem: Brembo
  2. Selang Rem : Scarlet
  3. Shock Belakang: Ohlins
  4. Knalpot: Arrow
  5. Hand Grip: Kitaco
  6. Handle Rem : Bikers
  7. Bar End : Fast Bikers
  8. Spion: Rizoma

 

Racing Mujad Continue (RMC)

Jalan Raya Kukusan No. 50, RT 002/04, Beji, Depok

HP: +62 856-9518-7119

LEAVE A REPLY

*