Ronny Herliantho Ketua Peugeot Scooter Family Terpilih Secara Demokratis

0
107
Ketua Peugeot Scooter Family
Ronny Herliantho Ketua Peugeot Scooters Family Periode 2019-2021. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor — Ketua Peugeot Scooter Family (PSF), Ronny Herliantho, menjadi Ketua pertama komunitas pengguna Peugeot Scooters di Indonesia sejak pembentuknya pada 2016 silam. Proses pemilihan dilakukan secara demokratis melalui sistem voting.

Terbentuknya PSF berawal pada 2015 saat mulai diniagakannya produk asal Perancis di Indonesia oleh PT Garansindo International Motor. Saat itu tipe yang dipasarkan Peugeot Django 150, Citystar 200 dan Metropolis 400. Peugeot Django yang menjadi backbone penjualan laris manis karena modelnya yang menggoda.

Peugeot Scooters Family
Kopdar pertama kali pengguna Peugeot Scooters, cikal bakal terbentuknya Peugeot Scooters Family. Foto: Dok. Naikmotor.com

Pada 22 Juli 2016 menjadi pertemuan pertama para pengguna Peugeot Django. Nama-nama seperti Redy, Rama, Triwil, Ted Diesta dan Naikmotor yang saat itu menunggangi Django Sport berkelir biru menjadi inisiator yang membidani kelahiran PSF hingga kini.

Seiring perjalanan waktu, PSF terus berkembang dan menjadi sebuah komunitas yang solid dengan berbagai program kegiatannya. Meski tidak ada Ketua secara resmi, roda organisasi bergerak secara konsisten berdasarkan kesamaan hobi dan persaudaraan.

Kordinasi yang dilakukan melalui group whatsapp pun menjadi cara yang efektif hingga makin banyaknya pengguna Peugeot Scooter yang bergabung. Akhirnya pada 3 Maret 2018 di kawasan Kemang, PSF mendeklarasikan diri sebagai satu-satunya komunitas Peugeot Scooters di Indonesia.

Peugeot Scooters Family
Deklarasi PSF merupakan kelanjutan dari beberapa pertemuan sebelumnya, sejak para pengguna scooter asal Perancis ini mulai berkumpul pertama kali pada awal 2016. Foto: Yusuf Arief

Momen bersejarah ini pun disambut baik oleh PT Peugeot Motorcycle Indonesia sebagai Agen Pemegang Merek Peugeot Scooter di Indonesia menggantikan PT Garansindo International Motor.

Tentunya  PSF akan menjadi mitra kami dalam melakukan berbagai kegiatan positif ke depannya. Terima kasih kepada semua member PSF yang telah mempercayai Peugeot Scooter sebagai kendaraan roda dua yang digunakan dalam beraktifitas sehari-hari.” ujar Adhitya Hendraputra, Perwakilan PT Peugeot Motorcycle Indonesia saat itu.

Deklarasi tersebut sekaligus mengukuhkan pengurus PSF periode 2018-2019, dengan susunan, Kordinator Djoko Soehasto, Penasehat Aris Munandar dan Heri Supriadi, Kegiatan Ronny, Apit dan Denny, Sekretaris Rio dan Aditia dan Tehnis Irvan.

Para member PSF saat menghadiri perayaan 1st Anniversary Peugeot Scooters Family. Foto: Yusuf Arief

Setelah satu tahun berjalan dengan konsisten, PSF merayakan ulang tahunnya yang pertama pada Minggu, 3 Maret 2019. Bertempat di Cerita Rasa, Ampera, Jakarta Selatan, sekitar 100 member PSF yang menunggangi berbagai tipe Peugeot Scooters hadir meramaikan acara tersebut.

Perayaan tersebut menjadi momen bersejarah bagi perjalanan PSF. Pasalnya dalam 1st Anniversary PSF juga dilakukan pemilihan Ketua PSF yang pertama sejak komunitas ini terbentuk. “Pemilihan Ketua ini baru pertama kali diselenggarakan melalui Voting supaya PSF ke depannya lebih baik dan maju lagi,” tutur Om Djos, Kordinator PSF.

Proses pemilihan Ketua yang petama ini pun berlangsung secara demokratis. Ada 3 kandidat calon ketua, yaitu, Dimaz Prabowo, Ronny Herliantho dan Teuku Faizal Shiddiqie yang telah diumumkan sebelumnya di Kedutaan Perancis.

Kemudian para member PSF yang hadir diberikan kebebasan untuk memberikan suaranya kepada 3 kandidat Ketua. Dari 85 suara yang diberikan akhirnya terpilih Ronny Herliantho sebagai Ketua PSF periode 2019-2021.

Hasil akhir pemilihan Ketua PSF. Foto: Peugeot Scooters Family

Ronny bukanlah orang baru di PSF. Sejak awal terbentuknya PSF, Ronny telah dipercaya untuk memegang divisi kegiatan organisasi. Berbagai kegiatan PSF, seperti touring, bakti sosial dan kegiatan yang melibatkan eksternal PSF telah sukses digelar dan mendapat antusias dari teman-teman PSF.

“Terima kasih kepada semua member yang telah memberikan mandat dan kepercayaan kepada saya. Harapannya semua member bisa mendukung kegiatan PSF secara gotong royong,” ujar Pria berbadan tegap dan hobi riding.

Sebagai Ketua PSF, pemilik Peugeot Django Sport dan Speedfight ini akan memperkuat komunikasi sesama member PSF dengan melakukan Sunmori 2 minggu sekali. Menurutnya hal ini diperlukan karena banyak member baru yang bergabung dan pada akhirnya bisa saling kenal lebih dekat dengan kopi darat.

“Hingga saat ini telah terdata lebih dari 200 member, namun yang aktif di berbagai kegiatan baru setengahnya,” tutur pria kelahiran Bandung, 2 April 1971.

Ronny Herliantho punya hobi Touring. Foto: Dok. Pribadi

Agenda selanjutnya, PSF akan menggelar Touring Jakarta-Bali dengan target 20 member. Kemudian mengadakan berbagai kegiatan sosial lainnya dan kegiatan yang berhubungan dengan teman komunitas lainnya. Untuk susunan pengurus akan diumumkan selanjutnya.

Sementara itu, Penasehat PSF, Heri Supriadi memberikan apresiasi atas terpilihnya Ketua PSF. Ia berharap ketua terpilih bisa membawa PSF menjadi komunitas atau perkumpulan otomotif motor independen yang selalu menjunjung tinggi nilai persaudaraan, kebersamaan dan perdamaian di antara anggotanya.

Penasehat PSF, Heri Supriadi (kanan) saat perayaan 1st Anniversary Peugeot Scooters Family. Foto: Yusuf Arief

Mampu menjadikan PSF sebagai mitra pihak kepolisian dalam mengampanyekan Safety Riding dan taat berlalu lintas. Mampu menjadikan PSF panutan komunitas otomotif lainnya dalam hal inovasi, inisiatif dan kreatifitas termasuk dalam kegiatan sosial. Mampu memfasilitasi segala ide dan masukan yang terkait dengan aktifitas dari semua pihak baik dari anggota maupun dari pihak luar.

“Merekatkan persahabatan serta silaturahmi antar anggota,  dapat menyelesaikan persoalan secara damai dan musyawarah serta mampu membuat PSF menjadi tempat untuk fun bagi anggotanya” tutup Heri. (YA/ NM)

LEAVE A REPLY

*