Yup, Bukan Cuma MotoGP Indonesia Juga Bakal Gelar WSBK di Lombok

0
105
Presiden Jokowi
Dalam kesepakatan Promoters’ Contracts, Indonesia tidak hanya menjadi tuan rumah MotoGP tapi juga WSBK. Foto: Motorsport

NaikMotor – Dorna Sport SL resmi mengumumkan bahwa pihaknya sudah menandatangi kontrak dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk menggelar MotoGP di Indonesia pada 2021. Namun ternyata, Tidak sekadar MotoGP tapi WSBK di Lombok pun jadi poin kerjasama itu.

Kontrak perjanjian kerjasama itu dilakukan di Madrid, Spanyol pada 28 Januari 2019 lalu. Dalam kesepakatan ‘Promoters Contracts’ tersebut Indonesia tidak hanya menjadi tuan rumah MotoGP tapi juga WSBK di Lombok.

Penandatanganan dilakukan oleh CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta dan Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer. Hadir pula jajaran manajemen kedua belah pihak dan disaksikan Duta Besar Indonesia untuk Spanyol, Drs. Hermono M.A.

Indonesia
Biaya membangun Sirkuit Mandalika membutuhkan sekitar 40-50 juta dolar. Foto: Instagram

“Betapa proyek unik ini, memiliki sirkuit perkotaan dan kelas dunia di negara di mana MotoGP memiliki fans yang begitu besar. Indonesia adalah pasar utama bagi kami dengan persentase penggemar motorsport yang tinggal di sini dan atmosfer MotoGP akan semakin kuat begitu sirkuit selesai dibangun,” kata Ezpeleta.

“Dengan memasukkan Lombok dalam kalender WorldSBK menjadikan penawaran ini juga jadi lebih menarik bagi penggemar lokal yang memiliki dua event Kelas Dunia di daerah itu sepanjang tahun,” kata orang nomor satu di Dorna.

Perjanjian antara Dorna Sport SL dengan ITDC menjadi kabar baik bagi penggemar olahraga balap di Indonesia. Apalagi semenjak 2015 terjadi naik turun kabar Indonesia yan ingin menggelar MotoGP.

Pertama kali usul Indonesia akan menggelar MotoGP dilontarkan pihak managemen Sirkuit Sentul. Setelah banyak intrik, lalu muncul opsi bakal dipindahkan ke Palembang, bahkan sampai sirkuit jalan raya di silang Monas.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*