Dakar Rally 2015 : Adu Skill, Intuisi dan Kemampuan Navigasi

0
60

KTM-Factory-racing-Dakar-Rally_1

Argentina (naikmotor.com) – Pesta kembang api pertanda pergantian tahun dari 2014 ke 2015 sudah berdericak di langit. Meski tak seramai tahun-tahun sebelumnya karena adanya rentetan musibah, namun di ajang Dakar Rally 2015 perayaan para pereli menyambut musim kompetisi tahun ini sangat patut mereka rayakan.

Tahun lalu Marc Coma berhasil tampil menjadi pemenang di kategori kendaraan roda dua atau motor. Bisa jadi karena kepindahan Cyril Despres menggunakan motor KTM ke motor Yamaha. Memang tidak mudah, karena Despres sendiri mengalami banyak kendala di motornya.

Namun secara keseluruhan persaingan yang terjadi tahun lalu cukup imbang. Bagi-bagi kemenangan di tiap etape cukup merata. Katakanlah para pereli yang menggunakan motor Honda atau Sherco, pun mencicipi kemenangan di beberapa etape.

Sayang, insiden besar yang dialami Joan Barreda (pereli tim Honda) memupuskan harapannya untuk meraih kemenangan. Motornya terbakar usai terjatuh dan tak dapat melanjutkan balapan.

Dominasi kemenangan KTM yang sudah 13 musim tidak bisa terkalahkan, membuat tim manufaktur seperti Honda, mulai geram. Hasil yang mereka capai tahun lalu menjadi rujukan. Paling tidak tahun ini akan menjadi langkah besar mereka untuk bertarung meraih kemenangan di tiap etape.

Joan Barreda dan Helder Rodrigues adalah dua nama yang disinyalir bakal punya kemampuan menumbangkan dominasi KTM tahun ini. Apalagi kepindahan Despres ke kategori roda empat (mobil), membuat peta persaingan sedikit agak ringan. Tinggal menguatkan mental, akurat membaca navigasi dan juga konsistensi meraih hasih terbaik, adalah kunci besar kemenangan.

Selain para pereli dari tim Honda, Sherrco Racing juga menjadi ancaman. Tahun lalu mereka juga sempat meraih hasil kompetitif di beberapa etape. Sayangnya masih kurang konsisten. Cukup jelas adalah Marc Coma sebagai “Man to Beat” tahun ini. Tapi itu takkan mudah, sebab jalur yang disajikan juga semakin ekstrim.

Adapun rute yang akan ditempuh mulai Minggu (4/1/2015) nanti adalah melalui rute dari bawah ke atas. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, rute tahun ini akan menyajikan lebih banyak jalur gurun pasir. Sementara wilayah pesisir hanya disajikan dalam dua etape saja.

Update terus informasinya di naikmotor.com, karena kami akan memberikan update-nya kepada Anda. (Spy/NM)

Yamaha-Racing-Factory-Dakar-Rally-2015_1

LEAVE A REPLY

*