Begini Ducati Mewujudkan Desmosedici GP19 Lebih Ngacir

0
327
Uji Terowongan Angin Desmosedici GP19
Ducati Desmosedici GP19 bisa lebih diwujudkan berkat CFD. Foto: ducati

NaikMotor – Dalam pengembangan sepeda motor balapnya untuk MotoGP 2019, Ducati menguji aerodinamikanya. Ducati telah melakukan uji terowongan angin Desmosedici GP19.

Teknisi Ducati khusus aerodinamika, Edoardo Lenoci menjelaskan, “Uji terowongan angin Desmosedici GP19 memang hanya pelengkap. Tak seperti pada mobil F1 yang banyak menginvestasikan dana di sana. Tetapi di motor, sekadar untuk mengoptimalkan sisi itu.”

Lenoci yang sebelumnya bekerja untuk tim F1 itu melanjutkan, “Namun penggunaan instrumen dan simulasi perhitungan matematikanya sama rumitnya.” Seperti penggunaan matematika fluida atau Computational fluid dynamics (CFD) yang menggunakan analisa angka, dan struktur data untuk menganalisa dan memecahkan persoalan aliran fluida di atas permukaan itu dan interaksinya.

Ternyata penerapan CFD juga bisa mempercepat perhitungan aerodinamika, sebab tidak perlu menunggu part sesungguhnya dibuat. “Cukup model skala 1:1, maka kita sudah bisa menentukan bagaimana bentuk komponen nanti dibentuk, ” pungkasnya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*