Yamaha Gelontorkan Investasi Rp 173 Miliar di Perusahaan Robot Exoskeleton

0
29
Yamaha Gelontorkan Investasi Rp 173 Miliar di Perusahaan Robot
Yamaha menggelontorkan dana 12 juta US dollar atau setara Rp 173 miliar untuk pengembangan bisnis robot exoskeleton. Foto: Roam

NaikMotor – Yamaha Motor rupanya serius dalam mengembangkan teknologi robot. Jika sebelumnya Yamaha memperkenalkan Motobot, kali ini Yamaha gelontorkan investasi  Rp 173 miliar di perusahaan robot bernama Roam.

Roam adalah perusahaan robot teknologi yang berbasis di Silicon Valley, California, AS. Roam mengembangkan sistem kerangka luar yang akan membantu meningkatkan gerakan fisik baik untuk orang normal maupun penyandang cacat.

Tak tanggung-tanggung, Yamaha gelontorkan investasi  Rp 173 miliar di perusahaan robot tersebut untuk pengembangan bisnis Roam. Uang setara 12 juta dollar itu akan digunakan untuk penelitian dan pengembangan teknologi exoskeleton.

Produk pertama Roam adalah Elevate, sistem yang dirancang untuk pemain ski. Elevate akan meningkatkan kekuatan kaki memungkinkan pemain memiliki kontrol yang lebih kuat tanpa kelelahan di bagian otot dan sendi.

Teknologi ini berpusat di sekitar belakang lutut. Aktuatornya bertenaga udara dan diklaim dapat menurunkan sekitar 30 persen berat badan pengguna, ke depan Elevate dapat dikembangkan untuk bagian tubuh yang lain.

Walaupun bisnis Roam cukup menarik namun tetap banyak pertanyaan mengapa Yamaha sangat tertarik di perusahaan mobilitas ini. Apakah nantinya bakal ada hubungan antara exoskeleton ini bagi pengguna motor?.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*