Ini Penjelasan IRC: Mengapa Ban Radial Lebih Unggul Daripada Ban Bias

0
1637
Keunggulan Ban Radial
Ban IRC RMC810 ZR telah berkonstruksi Radial. Foto: Gilang

NaikMotor – Awal Juni 2018 lalu, PT Gajah Tunggal, Tbk meluncurkan ban sportbike IRC RMC810 ZR dengan konstruksi radial. Apa keunggulan ban radial daripada ban bias?

Ban sepeda motor dengan konstruksi radial memang masih jarang ditemukan, meskipun untuk penggunaan pada sportbike. Kecuali ban IRC Radial RMC810 ZR ban yang dirancang untuk sportbike.

Penerapan konstruksi radial pada RMC810 tentunya karena berbagai keunggulan pada konstruksinya. Zulpata Zainal, perwakilan PT Gajah Tunggal Tbk menyatakan, “Ban radial memiliki dinding lebih tipis dan lebih lentur sehingga lebih nyaman.”

Lebih lanjut Zulpata menjelaskan kepada peserta diskusi bertema Obrolan Ringan Seputar Otomotif atau Bro Ringo yang digelar Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) di Bogor, (8-9/12/2018), “Saat menikung dinding akan lebih menyerap gaya menyamping sehingga kendaraan lebih stabil. Tetapi telapak lebih kaku sehingga mencengkeram jalan lebih kuat.”

Zulpata Zainal

Ban radial produk IRC itu saat ini masih diimpor langsung dari IRC Jepang itu telah disesuaikan dengan karakter sportbike produk Jepang yang banyak dipasarkan di Indonesia. RMC 810 dalam karkas-nya dilengkapi serat nylon yang disusun secara radial dan ditambah bahan aramid, yang akan memperkuat karakter handling sportbike penggunanya. Ban sepeda motor lainnya masih menerapkan serat baja dengan susunan bias. (Afid/nm)


LEAVE A REPLY

*