Kanjeng Nyai, Racikan Spesial Psychoengine Buat ‘Hajar’ Yokohama Hot Rod Custom Show 2018

0
258
Kanjeng Nyai
M Yusuf Adib Mustofa kembali datang dengan inovasi baru berjuluk Kanjeng Nyai. Foto: Kustomfest

NaikMotor – M Yusuf Adib Mustofa kembali datang dengan inovasi baru berjuluk Kanjeng Nyai. Motor hasil racikan Psychoengine ini terbang dari Purwokerto untuk unjuk gigi di Yokohama Hot Rod Custom Show 2018.

“Kanjeng Nyai berarti pendamping seseorang yang memiliki kedudukan tinggi. Motif batik dan warna hijau sebagai lambang harmonisasi dan kedamaian,” buka Yusuf yang lumayan sering pakai topi soal nama Kanjeng Nyai.

Melihat sosok Kanjeng Nyai layaknya melihat cerita perjalanan Yusuf dalam mengetengahkan karya-karya spektakuler lainnya, khususnya kustom di bagian konfigurasi mesin yang memang jadi ciri khas Yusuf selama ini.

Kanjeng Nyai

Basic dari motor ini adalah Honda CB 100 1976 1-silinder kemudian dikustom secara handmade menjadi 3 silinder konfigurasi W-Engine. Setiap silindernya berkapasitas 156cc dengan total kapasitas mesin sekarang menjadi 468cc.

Yusuf mengatakan mesin ini merupakan generasi ketiga pengembangan dari generasi W-Engine terdahulu pada seri pertama 2011, seri kedua 2015. Pengerjaannya sendiri memakan waktu selama 1 tahun.

Soal rancangan frame, Yusuf menggunakan pipa seamless dengan proses pembentukan selama 1 bulan untuk mendapatkan akurasi dan karakter chopper dan tetap menunjukkan rancang bangun mesin.

Kanjeng Nyai

Selain mesin pemandangan lain yang unik pada motor ini yakni desain suspensi depan bergaya single fork. Yusuf mengatakan ide soal fork model mono mengingatkan kembali masa mudanya yang doyan naik Vespa.

Ide single fork ini bahkan sempat menarik perhatian Shige Suganuma saat Kustomfest 2018 – No Boundaries. Sang punggawa Mooneyes itu bertanya apakah fork depan dapat berkerja normal dan seharusnya seperti fork biasa.

Tak pakai lama atas saran dari Lulut Wahyudi, Direktur Kustomfet, Yusuf kemudian membuat video singkat saat Kanjeng Nyai dibawa jalan. Semua berkerja normal, fork tetap ngayun dan suara mesin 3-silinder menggelegar manis.(Agl/nm)

Spesifikasi Kanjeng Nyai:

Basic Mesin: Honda CB 100 1976
Custom Engine: 3 silinder W-Engine 468cc
Suspensi Depan: Single Fork Springer
Suspensi Belakang: Rigid
Ban Depan: Shinko Classic 300 – 21
Ban Belakang: Shinko Classic 500 – 17
Karburator: Mikuni TM 28
Knalpot: Custom Stainless Steel
Cat: Hacka Paintstriping
Engine Builder: Psychoengine
Frame Builder: Psychoengine

LEAVE A REPLY

*