Ditinggal Honda di WorldSBK, Ten Kate Dinyatakan Bangkrut

0
102
Ten Kate Dinyatakan Bangkrut
Tak mendapat dukungan Honda, Ten Kate dinyatakan bangkrut. Foto: worldsbk

NaikMotor – Sejak 2004 Honda di WorldSBK diwakili tim Ten Kate meski hanya didukung Honda Eropa. Namun per musim 2019 Honda kini diwakili HRC di WorldSBK, dan tak lama Ten Kate dinyatakan bangkrut.

Ten Kate Racing BV, perusahaan Belanda yang menaungi tim Ten Kate dinyatakan oleh pengadilan Belanda. Kenyataaan pahit itu tidak lama diterima setelah kepesertaan di WorldSBK 2019 gagal. Tim pun menyalahkan karena kurangnya dukungan Honda. Dalam beberapa waktu ini pun Ten Kate mengalami kesulitan untuk melakukan kontrak dengan pabrikan

Ten Kate selama ini di superbike mengikuti kelas WorldSupersport dan WorldSBK sekaligus. Tetapi di WorldSBK catatannya tidaklah terlalu baik. Ten Kate tidak mendapat dukungan dari Honda Jepang, hanya dari Honda Europe, sehingga tidak pernah bersama HRC. lain pengganti Honda.

Jonathan Rea, juara WorldSBK sejak 2015, yang pernah menjadi pembalap Ten Kate antara 2008-2014 menyatakan penyesalan ketika mendengar kabar Ten Kate dinyatakan bangkrut. Rea menyatakan, Saya telah tumbuh bersama pemilik Ten Kate, Ronald dan Gerrit. Mereka orang-orang yang sepenuh hati mengembangkan brand Honda. Kini dengan kenyataan menyedihkan itu Saya turut prihatin.”

Tim Pabrikan Honda akan mengikuti WorldSBK 2019 melalui HRC, divisi balap Honda Jepang. Sebagai pendukung, Honda menggandeng Moriwaki Engineering yang selama ini mendukungnya di Suzuka 8 Hours dan JSB1000. Sementara urusan logistik akan didukung oleh Genesis Bevilacqua Althea Racing. Namun nama resmi tim belum ddipublikasikan meski kandidat pembalap sudah disebut-sebut yaitu Leon Camier atau Xavi Fores dan Ryuichi Kiyonari. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*